10 Batu Permata Paling Berharga

November 7, 2013

1. Berlian Koh-i-Noor, British Crown Jewel

batu permata

Koh-i-Noor adalah berlian 106 karat yang dulunya merupakan batu permata terbesar di dunia. Sebelumnya, ia telah menjadi milik berbagai penguasa di India, dan saat ini terletak di tangan keluarga kerajaan Inggris dan merupakan bagian dari Crown Jewels.

Ketika berlian Koh-i-Noor tiba di tangan keluarga kerajaan Inggris, beratnya mencapai 186 karat (37 gram). Prince Albert kemudian dengan hati-hati mencari seorang pemotong berlian dengan reputasi yang sangat baik dan ia bertolak menuju ke Belanda di mana ia memberikan misi pemotongan berlian yang sangat sulit tersebut kepada Mr Cantor. Hal itu kemudian disampaikan kepada Ratu Victoria.

Berlian ini menjadi salah satu dari Crown Jewels, dan terakhir yang dikenakan oleh Ratu selama penobatannya, sebagai tanda dia menjadi Empress of India.

2. The Millennium, Safir Ukir Berukuran Bola Sepak

batu permata

Safir Ukir Berukuran Bola Sepak, sebuah batu permata yang diukir dengan kemiripan tokoh sejarah yang terkenal, tersedia untuk dijual jika ada pembeli yang tepat yang datang dengan $ 180.000.000 dan janji bahwa keajaiban 61.500 karat ini akan ditempatkan di mana masyarakat umum dapat melihatnya secara teratur.

Dirancang oleh seniman Italia Alessio Boschi, Safir Millennium dibuat sebagai penghormatan kepada manusia-manusia jenius dan didalamnya terdapat 134 subyek, termasuk wajah Beethoven, Michelangelo, Shakespeare, Albert Einstein dan Martin Luther King.

Sebuah konsorsium investor yang dipimpin oleh Daniel McKinney memiliki Safir Milenium ini. Selama 15 tahun terakhir, safir ukir ini telah dipamerkan kepada publik hanya dua kali, yaitu pada tahun 2002 selama Academy Awards dan dua tahun kemudian untuk pelayaran perdananya dari kapal pesiar Sapphire Princess.

Safir Millennium 28 cm (11 inci) ini digali di Madagaskar pada tahun 1995. Beratnya sekitar 90.000 karat dalam keadaan kasar dan kehilangan sekitar sepertiga dari massa selama proses ukiran, yang memakan waktu dua tahun dan selesai pada 2000.

3. Dom Pedro, Permata Aquamarine Terbesar di Dunia

batu permata

Sepotong batu permata aquamarine terbesar di dunia berada di pameran permanen di Washington bersama berlian Hope dan anting-anting Marie Antoinette.

Ditambang dari pegmatite Brasil pada 1980-an, dan dinamai dari dua kaisar pertama Brasil, Dom Pedro Aquamarine bangga ditempatkan di National Museum of Natural History, bagian dari Smithsonian Institution.

Permata berbentuk obelisk dan berwarna biru-hijau – yang dirancang oleh pemotong permata terkenal Jerman Bernd Munsteiner, yang dikenal sebagai “bapak dari pemotongan fantasi” – memiliki tinggi 14 inci (35,5 cm) dan berat 10.363 karat atau 4,6 pounds (dua kilogram ).

4. Mutiara Terbesar di Dunia

batu permata

Mutiara bercahaya terbesar di dunia ditampilkan di Wenchang, provinsi Hainan Cina Selatan, pada 21 November 2010. Dengan berat mencapai enam ton dan diameter sepanjang 1,6 meter, mutiara ini adalah yang terbesar yang pernah ditemukan dan diperkirakan bernilai dua miliar yuan ($ 301.197.000).

Batu ini, sebagian besar terbentuk dari mineral fluorit, bersinar hijau dalam gelap dan di Cina dihargai lebih tinggi daripada berlian. Para penemunya memerlukan waktu tiga tahun untuk menggiling permata mentah ini menjadi bentuk mutiaranya yang anda lihat sekarang.

5. The Graff Pink, Berlian Termahal Di Dunia

batu permata

Laurence Graff adalah agen nomor satu di dunia dalam berlian dan permata. Pada tahun 2010 ia memastikan bahwa reputasi ini dikonfirmasi dengan pembelian menakjubkan 24,78 karat berlian pink yang langka.

Ia juga adalah pembeli karya seni terkaya yang hidup Inggris, mengeluarkan $ 24.1 juta di New York untuk dua karya terbaik Warhol – Elvis dan Campbell Soup Can. Laurence Graff juga memiliki lima rumah mewah di Inggris, Perancis, Swiss dan New York, sebuah, kapal pesiar pribadi Mediterania, tambang berliannya sendiri di luar Johannesburg, serta setengah lusin properti di Mayfair.

Berlian pink yang menakjubkan dan “nyaris sempurna” ini telah menetapkan rekor baru dengan harga lelang fantastis di Sotheby. Pelelangan itu disibukkan karena berbagai tawaran terus masuk. Pink Diamonds Inggris belum pernah melihat kehebohan tersebut. Orang terkaya ke-36 di Inggris akhirnya membayar £ 29 juta (U $ 45 juta), yang termahal yang pernah dibayar untuk sebuah batu permata.

6. Ethereal Carolina Divine, Turmalin Paraiba Potong Terbesar

batu permata

Investor Montreal, Vincent Boucher, adalah pemilik Ethereal Carolina Divine, sebuah turmalin Paraiba dengan massa hampir 192 karat dan bernilai antara $ 25 juta dan $ 125 juta – yang menetapkan rekor dunia baru untuk Turmalin Paraiba Potong Terbesar.

Turmalin Paraiba adalah salah satu permata perhiasan paling langka di dunia, disukai oleh kolektor ahli, dan dipamerkan oleh elit perhiasan di seluruh dunia. Ada satu Turmalin Paraiba (nama untuk wilayah Brasil di mana sebagian besar batu tersebut ditemukan, termasuk Boucher) ditambang untuk setiap 10.000 berlian, dan Boucher menunjukkan hanya total 50 kilogram dari batu permata ini telah ditemukan sampai saat ini.

7. Berlian Besar 478 Karat yang Belum Dipotong

batu permata

Sebuah berlian besar 478 karat ditemukan di Tambang Letseng, di Lesotho, sebuah kerajaan kecil di Afrika Selatan. Ini adalah berlian kasar terbesar ke-20 yang pernah ditemukan, dan itu berasal dari tambang yang telah memberikan tiga berlian terbesar di dunia: Lesotho Promise 603 karat, Leteng Legacy 493 karat dan Lesotho Brown 601 karat. Sebuah batu kasar serupa tapi berukuran lebih kecil baru-baru ini dihargai senilai $ 12 juta. Diharapkan berlian yang belum dipotong ini akan mampu menghasilkan batu permata 150 karat yang dipoles, jauh melebihi Koh-i-Noor berlian terbesar saat ini.

8. Batu Permata Termahal di Dunia Per Karatnya Terjual di Pelelangan

batu permata

Diidentifikasi sebagai salah satu permata yang unik di dunia, berlian biru sempurna dihormati pada tahun 2007 sebagai batu permata yang paling mahal di dunia. Berlian 6.04 karat itu dijual seharga $ 7.980.000 di pelelangan Sotheby, Hong Kong. Berlian biru sempurna ini dihargai $ 1.320.000 per karatnya.

Pembeli yang diberkati tersebut adalah ‘Moussaieff Jewellers’ yang berbasis di London dan ia senang untuk membeli berlian ini dari seorang kolektor di Asia, karena akan menjadi tambahan koleksi permata langkanya yang berharga. Ini memang bukan batu terbesar, namun unsur pemotongan dan warna ‘biru yang hidup’ membuat harganya hampir 10 kali harga per karat berlian putih biasa.

9. Bahia, Zamrud Terbesar di Dunia

batu permata

Zamrud Bahia adalah salah satu zamrud terbesar dan mengandung satu pecahan terbesar yang pernah ditemukan. Batu dengan berat sekitar 840 pounds (1,900,000 karat) ini berasal dari Wilayah Bahia, Brasil. Lolos dari serangan banjir ketika terjadi Badai Katrina pada tahun 2005 selama periode penyimpanannya di gudang di New Orleans. Namun kemudian dilaporkan dicuri pada bulan September 2008 dari lemari besi yang aman di South El Monte, Los Angeles County, California. Meskipun batu tersebut telah dihargai sebesar $ 400 juta, nilai yang sebenarnya tidak jelas. Pada satu saat, zamrud itu terdaftar untuk dijual di eBay dengan harga $ 75 juta.

Setelah pindah dari Brasil ke Amerika Serikat, berbagai upaya dilakukan untuk menjualnya tanpa keberhasilan. Muncul juga beberapa klaim kepemilikan terhadap zamrud ini. Terakhir zamrud itu disita dari seorang pedagang batu permata di Las Vegas dan dibawa ke tahanan Departemen Sheriff Los Angeles.

10. The Moussaieff Red, Berlian Merah Paling Terkenal

batu permata

Setelah dikenal sebagai Red Diamond Shield, Moussaieff Red adalah berlian merah indah terbesar di dunia dengan 5,11 karat. Ditemukan di Brasil pada 1990-an, berlian ini memiliki potongan segitiga yang brilian (juga dikenal sebagai ‘cut trilliant’). Berlian ini terakhir dipamerkan pada tahun 2003 dalam pameran “Splendor of Diamonds” di Smithsonian.

Comments

comments

 

 

Previous post:

Next post: