10 Cerita Hantu Paling Seram di Indonesia

November 24, 2013

cerita hantu

Indonesia adalah negara kepulauan dengan keragaman suku, adat istiadat, ras, budaya dan kepercayaan. Hal inilah yang menjadikan daya tarik Indonesia di mata dunia, selain dari keindahan alamnya.

Namun tidak hanya itu, dibalik keragaman tersebut Indonesia ternyata memiliki kepercayaan lain terhadap hal-hal yang berbau mistis. Banyak daerah di Indonesia memiliki cerita hantu yang menyeramkan dan sebagian masyarakat percaya bahwa cerita tersebut nyata, bukan hanya legenda. Kepercayaan tersebut bahkan dibuktikan dengan banyaknya film-film Indonesia yang mengangkat tema hantu, seperti pocong, suster ngesot, kuntilanak dll.

Dari sekian banyak cerita hantu yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, ada 10 sosok hantu yang paling terkenal dan sangat menakutkan. Siapa saja mereka? Kita simak bersama-sama di bawah ini.

1. Leak

Leak adalah sosok hantu dalam cerita rakyat Bali. Kata Leak diambil dari kata Le yang berarti penyihir dan Ak yang berarti jahat. Jadi sebetulnya Leak adalah seorang penyihir jahat. Dipercaya Leak hanya bisa dilihat di malam hari oleh orang-orang yang memiliki ilmu khusus, dan di siang hari Leak berwujud manusia normal. Pada malam hari, Leak berada di kuburan untuk mengambil organ-organ tubuh dari manusia yang telah mati, untuk digunakan sebagai ramuan dalam sihirnya. Sebagian kalangan mempercayai ramuan tersebut digunakan untuk merubah Leak menjadi sosok binatang. Yang membuat tambah menyeramkan, Leak pun ternyata sering mengambil organ-organ tubuh manusia yang masih hidup. Karena itu, jika anda pernah mengunjungi pulau Dewata, anda mungkin sudah asing lagi dengan keharusan bersikap sopan terhadap tempat-tempat yang dianggap keramat.

2. Genderuwo

Genderuwo merupakan cerita hantu yang berasal dari masyarakat Jawa. Diceritakan sosok Genderuwo adalah makhluk yang tinggi besar dan badannya dipenuhi oleh bulu. Tempat kesukaannya adalah pohon yang rindang besar atau di sudut-sudut yang lembab dan gelap. Diceritakan juga bahwa Genderuwo suka berubah wujud menjadi seorang lelaki dan kemudian menghamili seorang perempuan. Sebagian masyarakat percaya bahwa Genderowo sebetulnya adalah arwah orang meninggal yang masih tertahan di dunia fana dan belum bisa masuk ke dunia akhirat karena sesuatu hal. Anda boleh percaya atau tidak.

3. Hantu Jeruk Purut

Cerita hantu yang satu ini tidak kalah menyeramkan. Sesuai namanya, hantu ini berada di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut. Diceritakan bahwa sosok hantu ini adalah seorang pastur yang tidak memiliki kepala yang sedang mundar-mandir mencari makamnya di tempat pemakaman tersebut. Sebagian masyarakat percaya, jika anda ingin melihat sosok hantu pastur tanpa kepala tersebut, maka anda harus datang sendiri, bertiga atau jumlah ganjil lainnya. Berani?

4. Kuntilanak

Cerita hantu rakyat Melayu ini sering diangkat menjadi tema film-film horor di Indonesia. Dikisahkan dalam cerita tersebut, Kuntilanak dahulunya merupakan seorang wanita yang dibunuh ketika tengah hamil. Kuntilanak kemudian menjadi sosok hantu yang menampakkan diri sebagai wanita cantik bersamaan dengan wangi bunga kamboja. Ia dikatakan sering mengganggu wanita yang hamil atau bayi-bayi. Tempat kesukaannya adalah jenis pohon tertentu yang mempunyai bentuk miring, semisal pohon waru. Dipercaya untuk mengusir Kuntilanak, masyarakat harus menancapkan paku di atas kepalanya (ubun-ubun).

5. Palasik

Cerita hantu ini berasal dari daerah Minangkabau. Sama halnya dengan Leak, Palasik sebetulnya bukanlah sosok hantu, masyarakat disana percaya bahwa Palasik adalah manusia dengan ilmu sihir hitam yang tinggi, dimana kepala dari penyihir ini bisa terlepas dari badannya dan kemudian melayang-layang untuk mencari makan. Yang membuat tambah mengerikan adalah makanan dari palasik ini berupa bayi-bayi yang masih berada dalam kandungan atau yang sudah mati, sehingga sangat ditakuti oleh para ibu yang sedang hamil.

6. Sundel Bolong

Sundel Bolong juga sering diangkat dalam tema-tema film horor di Indonesia. Sundel Bolong adalah sosok hantu wanita dengan rambut panjang tergerai, memakai gaun putih dan memiliki luka menganga (bolong) di bagian punggungnya sehingga dapat terlihat isi badannya. Dipercaya dahulu, sundel bolong adalah wanita yang mati dibunuh setelah diperkosa. Namun ada versi lain yang mengatakan bahwa sundel bolong adalah wanita yang melahirkan anaknya di liang kubur dan kemudian meninggal.

7. Tuyul

Berbeda dengan sosok hantu lain, Tuyul sering diangkat menjadi tema film horor komedi di Indonesia, karena bentuknya yang mirip anak kecil dengan kepala plontos alias gundul. Konon tuyul dipercaya merupakan makhluk halus yang dipelihara oleh manusia yang memiliki ilmu sihir untuk mencuri uang. Sebagian masyarakat yang lain percaya bahwa tuyul sebetulnya adalah sosok bayi atau janin yang sudah meninggal.

8. Wewe Gombel

Sosok hantu ini tidak kalah menakutkan, dan yang membuat ia dikenali adalah payudaranya yang besar dan menjuntai panjang. Dikisahkan dahulu sosok hantu ini adalah seorang wanita yang dikejar-kejar oleh penduduk desa karena dituduh telah membunuh suaminya yang berselingkuh. Ia akhirnya meninggal karena bunuh diri. Dalam tradisi Jawa dipercaya bahwa Wewe Gombel merupakan roh jahat yang suka menculik anak-anak karena telah ditelantarkan oleh orangtuanya. Dalam versi lain disebutkan juga bahwa sosok hantu ini sering muncul di kawasan Gombel, Semarang, sehingga disebut Wewe Gombel.

9. Pocong

Cerita hantu ini termasuk salah satu yang paling terkenal di Indonesia dan juga sangat menyeramkan. Pocong sering digambarkan dalam bentuk orang mati dengan wajah putih pucat dan tidak memiliki mata, dengan tubuh masih terbungkus kain kafan serta bergerak dengan cara meloncat-loncat. Sebagian masyarakat percaya bahwa sosok pocong merupakan bentuk protes dari orang yang sudah mati karena kain kafannya lupa dibuka ketika ia dikubur.

10. Suster Ngesot

Sosok hantu suster ngesot pernah diangkat menjadi film layar lebar di Indonesia. Konon dahulunya suster ngesot ini adalah seorang suster wanita yang mati dibunuh setelah diperkosa dan dilukai di bagian kakinya dengan sangat parah, sehingga ia .menjadi hantu ngesot karena tidak bisa berjalan. Sebagian masyarakat mempercayai penampakan pertamanya adalah di Rumah Sakit Umum Salemba Jakarta. Setelah itu ia beberapa kali terlihat di lorong beberapa rumah sakit lain.

Comments

comments

 

 

Previous post:

Next post: