10 Fakta Aneh Tentang Ikan Paus

April 2, 2014

Ikan paus termasuk ke dalam beberapa hewan paling misterius di muka bumi. Kali ini kita akan belajar banyak hal tentang sepupu kita yang berada di laut ini. Terdapat total 78 spesies ikan paus yang tersebar di seluruh dunia, dan kita masih akan terus belajar hal-hal aneh tentangnya sepanjang waktu. Misalnya. . .

10. Ikan Paus Beluga Menyukai Musik

Dari satu sudut pandang, kita tidak pernah bisa mengetahui apakah ikan paus Beluga benar-benar mencintai musik. Namun, mereka benar-benar merespon dan mengekspresikan rasa ingin tahu yang besar dan bahkan kadang-kadang bergabung dalam tarian sinkronisasi.

Pada tahun 2013, sepasang seniman memasang perahunya dengan sound system bawah air dan berlayar ke laut dalam rangka memainkan sebuah simfoni bawah air untuk ikan paus Beluga. Ikan paus sangat tertarik dan bahkan bergabung ke dalamnya, menunjukkan penghargaan untuk musik dan seni melampaui segala makhluk di muka Bumi.

Jika ada keraguan bahwa ikan paus Beluga dapat menikmati musik mungkin bisa dibuktikan lewat video di atas dari sebuah band mariachi yang bermain untuk ikan paus Beluga.

9. Ikan Paus Bowhead Dapat Hidup Lebih Dari 200 Tahun

ikan paus bowhead

Pada tahun 2007, seekor ikan paus Bowhead mati yang tengah diteliti oleh para ilmuwan ditemukan memiliki sesuatu yang sangat aneh tertanam di dalamnya. Setelah pemeriksaan lebih dekat, tampak seperti sebuah potongan senjata yang berasal dari tahun 1879. Hal ini menunjukkan bahwa Bowhead selamat dari serangan penangkapan ikan paus lebih dari 100 tahun yang lalu.

Para ilmuwan sebenarnya tidak setuju pada umur maksimum ikan paus Bowhead. Kebanyakan dari mereka mati antara usia 60 dan 90. Namun, asam amino di mata ikan paus Bowhead menunjukkan bahwa ikan paus tertua yang pernah ditemukan mungkin telah berumur sampai 211 tahun. Beberapa ilmuwan berspekulasi bahwa ikan paus tersebut bahkan bisa hidup lebih lama. Satu-satunya hal yang kita tahu pasti adalah tidak mungkin untuk manusia bisa bertahan hidup selama itu, apalagi dengan tombak kuno tertanam dalam punggungnya.

8. Humpback Betina Memiliki Sahabat

ikan paus humpback

Kelompok peneliti Cetacean Pulau Mingan telah menggunakan teknik fotografi untuk mempelajari ikan paus Humpback (bungkuk) selama 16 tahun terakhir. Pada saat itu, mereka mulai menyadari bahwa ikan paus betina Humpback tidak hanya berteman dengan satu sama lain, tetapi melakukan reuni setiap tahun. Mereka ingat teman-teman mereka dan bahkan menemukan mereka di seberang lautan di antara paus lainnya. Penemuan ini cukup mengejutkan, karena sampai saat ini para ilmuwan mempercayai bahwa ikan paus Humpback umumnya tdk ramah satu sama lain.

Ketika Humpback betina bertemu temannya, mereka mengapung di permukaan bersama-sama, makan dan menikmati kebersamaan satu sama lain. Persahabatan ini tampaknya memiliki manfaat karena Humpback betina yang melakukan cara ini menjadi lebih sehat dan melahirkan lebih banyak anak setiap tahun. Namun, persahabatan antara betina dan jantan (atau bahkan persahabatan antar jantan) sebagian besar tidak pernah terjadi. Tidak ada yang dapat menjelaskan fenomena ini, dimana hanya para wanita lah yang suka bergaul satu sama lain.

7. Ikan Paus Biru Adalah Hewan Terbesar di Muka Bumi Selama Ini

ikan paus biru

Jika kebanyakan orang harus menebak hewan terbesar yang pernah ada, mereka mungkin akan menyebutkan beberapa makhluk yang telah lama punah seperti mammoth atau dinosaurus. Namun, makhluk terbesar tidak punah. Ia adalah paus biru, yang bisa mencapai panjang lebih dari 30 meter dan berat 180.000 kg. Jantung ikan paus biru dapat memiliki ukuran sebesar mobil kecil dan detaknya cukup keras untuk dideteksi dari jarak 3.000 meter (2 mil) jauhnya. Mulutnya cukup besar untuk menampung 100 orang, dan memiliki arteri yang begitu besar sehingga bola basket bisa mengapung melaluinya.

6. Beberapa Ikan Paus Menirukan Suara Manusia

Ikan paus dapat membuat berbagai macam suara. Seekor Beluga yang disebut NOC, yang berada di penangkaran, sangat baik dalam menirukan suara manusia dimana para peneliti awalnya berpikir bahwa mereka mendengar dua orang bercakap-cakap di kejauhan.

Pada awalnya, komunitas ilmiah di tingkat yang lebih luas skeptis. Tapi suara NOC, pada penelaahan lebih dekat, merupakan hal yang tidak biasa untuk Beluga karena menghasilkan pola akustik yang sama dari suara manusia. NOC menghasilkan suara ini dengan secara tidak wajar memvariasikan tekanan dalam saluran hidung dan menggembungkan kantung di blowhole-nya. Akhirnya, NOC berhenti membuat suara-suara ini sama sekali. Tidak ada yang benar-benar tahu mengapa ini terjadi. Mungkin perubahan hormon membuat suara-suara menjadi tidak memungkinkan seiring pertumbuhannya, atau mungkin dia hanya bosan melakukannya.

NOC bukanlah satu-satunya ikan paus yang bisa melakukan hal ini. Laporan tahun 40-an menceritakan tentang ikan paus Beluga liar yang terdengar seperti anak-anak. Kemudian seekor ikan paus penangkaran, yang dipanggil “Lugosi” di akuarium Vancouver dilaporkan bisa mengatakan namanya sendiri.

5. Ikan Paus Sperm Tidur Dengan Posisi Berdiri

Sebelumnya, semua berpikir bahwa ikan paus memiliki pola tidur yang sama dengan lumba-lumba, yang tidur dengan setengah otak mereka, membiarkan satu mata mereka tetap terbuka untuk berjaga-jaga terhadap ancaman. Namun, sekelompok ilmuwan pada tahun 2013 yang meneliti ikan paus Sperm, menemukan sesuatu yang sangat berbeda dan aneh.

Mereka menemukan seluruh kawanan di lepas pantai Chile dengan tubuh mereka benar-benar vertikal ke permukaan air dan kepala mereka mengangguk-ngangguk di permukaan. Para ilmuwan mampu mendekati ke tengah-tengah kawanan dan bahkan bisa menyentuh salah satu ikan paus. Pada saat itu, mereka menyadari bahwa semua kawanan sedang tertidur.

Ini berarti bahwa ikan paus Sperm tidur dengan salah satu cara paling aneh yang dikenal dalam kerajaan hewan. Kita berpikir bahwa mereka menyelam ke bawah dan tidur sampai kemudian secara perlahan-lahan melayang ke permukaan dengan kepala diatas. Juga, untuk beberapa alasan yang belum diketahui, mereka hanya tidur antara jam 06:00 sore hingga tengah malam.

4. Ikan Paus Makan Dengan Menelan Sebanyak Berat Tubuhnya di Dalam Air

Para ilmuwan telah menemukan bahwa ikan paus memiliki organ misterius yang tidak dimiliki oleh hewan lain yang dikenal di muka Bumi. Organ ini, yang memiliki ukuran sebesar buah jeruk terletak di dagu ikan paus Baleen. Tidak ada yang mengetahui persis yang dilakukan oleh organ ini. Namun, diasumsikan bahwa itulah yang memungkinkan ikan paus untuk melakukan “lunge feed” (makan secara brutal).

Lunge feed adalah ketika paus dengan brutal memakan mangsanya (plankton atau ikan, tergantung pada spesies) dengan cara menelan air yang berada di sekitarnya. Ini berarti mengambil sejumlah besar air selama proses makan ini. Ikan paus benar-benar dapat menyerap air sebanyak berat badannya sendiri.

Ikan paus kemudian menyaring makanan, memisahkannya dari air, dengan menggunakan rambut “baleen” di leher mereka. Dengan menggunakan organ yang baru ditemukan tersebut ikan paus dapat mengontrol berapa banyak gerakan yang diperlukan dalam proses penyaringan ini.

3. Moby Dick Adalah Nyata

ikan paus moby dick

Kebanyakan orang saat ini akan mempertimbangkan cerita seorang pembenci ikan paus untuk melakukan pembalasan dendam pada ikan paus sebagai sebuah fiksi konyol. Namun, ide Herman Melville untuk membuat cerita Moby Dick ternyata berdasarkan pada peristiwa nyata dan ikan paus yang nyata pula bernama Mocha Dick. Kejadian tersebut, yang dibaca oleh Melville, terjadi sekitar tahun 1820 ketika Mocha Dick menghantam dan menenggelamkan sebuah kapal penangkap ikan paus Inggris. Para kru mendarat di sebuah pulau terpencil di mana mereka akhirnya dipaksa untuk melakukan kanibalisme.

Deskripsi kontemporer Mocha Dick cukup banyak memiliki kecocokan dengan cerita dari Melville. Ia adalah seekor albino putih yang semburannya terdengar seperti suara gemuruh secara terus menerus. Namun, seiring waktu membuat suaranya terdengar lebih menakutkan dibanding cerita fiksinya. Dia biasanya terlihat dengan tombak masih tertancap di tubuhnya saat pertemuan dengan penangkap ikan paus yang telah gagal untuk membunuhnya.

2. Lagu Ikan Paus Menyebar Layaknya Musik Pop

Para ilmuwan yang mempelajari lagu-lagu ikan paus Humpback pada tahun 2011, menemukan sesuatu yang sangat aneh. Naik turunnya nada lagu seekor ikan paus memiliki banyak kemiripan dengan sebuah lagu pop.

Dalam setiap daerah habitat ikan paus, terdapat lagu yang sama yang dinyanyikan oleh semua orang. Seiring waktu, lagu akan berubah, dan jika lagu baru cukup menarik, itu akan menyebar ke populasi paus yang lain. Ketika lagu ikan paus baru keluar, kadang-kadang merupakan semacam remix dari lagu sebelumnya, namun dilakukannya tidak secara kasar. Seorang peneliti dari universitas Queensland telah menganalisis tren aneh ini menggambarkannya sebagai “menyambung lagu lama Beatles dengan U2”.

1. Ikan Paus Mengadopsi Hewan Atau Objek Lain

ikan paus

Tidak semua ikan paus seganas Mocha Dick. Rata-rata dari mereka cukup ramah, bahkan untuk jenis yang lain.

Sebagai contoh, pada tahun 2011 sekelompok kecil ikan paus Sperm mengadopsi bayi ikan lumba-lumba yang terlahir cacat pada bagian tulang belakangnya (berbentuk s). Kawanan lumba-lumba mungkin menolaknya karena cacat yang ia derita. Secara logika, hal ini akan membuat paus yang bergerak lebih lambat terlihat sangat menarik bagi hewan sosial seperti lumba-lumba. Namun, para ahli masih bingung mengapa ikan paus begitu mudah menerimanya sebagai anggota kelompok.

Kasus yang mirip, namun kali ini menyedihkan, ikan paus Beluga betina dikenal karena memperlakukan benda-benda sebagai bayi pengganti. Ikan paus Beluga di alam liar telah terlihat membawa papan, benda-benda kecil lainnya, dan bahkan kerangka caribou lengkap pada kepala atau punggungnya dan memperlakukan mereka seperti anaknya.

+ Cacing Zombie

cacing zombie

Ikan paus memiliki tulang terbesar di planet ini. Dengan tidak ada orang yang membuang kerangkanya, maka laut selamanya akan penuh dengan tulang belulang ikan paus. Untungnya, ada makhluk yang menangani pekerjaan ini yaitu cacing zombie.

Nama ilmiah cacing zombie adalah Osedax mucofloris, yang secara harfiah diterjemahkan sebagai “bunga lendir pemakan tulang”. Mereka bersembunyi di dalam tulang ikan paus dan mengembangkan sistem akar, dan yang terlihat hanyalah bentuknya yang tercakup dalam lendir.

Yang lebih menganehkan, cacing zombie tidak memiliki mulut, sehingga kulitnya menghasilkan asam untuk memecah tulang, untuk kemudian menyerap protein dan kolagen tulang. Tapi cacing ini tidak memiliki sistem pencernaan maupun anus, membuatnya tampak lebih aneh lagi dan memperdalam misteri bagaimana proses pencernaan dari tulang tersebut. Perkiraan terbaik sejauh ini adalah bahwa cacing zombie menyerap kolagen dan protein melalui parasit yang hidup bersimbiosis dalam tubuhnya.

Jadi, cacing zombie adalah seekor monster peludah asam yang memakan tulang dengan makhluk parasit hidup di dalamnya.

Comments

comments

 

 

Previous post:

Next post: