10 Fakta Aneh Tentang Kucing

March 1, 2015

Layaknya anjing, memelihara kucing didasarkan pada asas saling menguntungkan. Pada masa-masa awal pertanian, manusia dipaksa untuk berurusan dengan konsekuensi yang tak terduga: tikus melahap tanaman dan merusak gandum/padi. Kemudian muncullah predator yang memangsa tikus seperti ular, burung hantu – dan kucing. Kucing dengan watak yang ramah akhirnya disambut ke pemukiman manusia, dihargai karena kemampuannya untuk menghancurkan hama (tikus). Di beberapa budaya, kucing disembah sebagai dewa, sementara di bagian bumi yang lain mereka dicerca karena dianggap manifestasi dari iblis.

10. Binatang Penangkap Tikus

tentang kucing

Pada masa awal, alasan utama orang-orang memelihara kucing adalah selera mereka terhadap tikus. Saat ini, rata-rata pemilik hewan memiliki kucing yang aktivitasnya tidak lebih dari tidur siang, namun demikian kucing masih memiliki naluri berburu yang sengit. Bahkan di beberapa tempat seperti Disneyland dan State Hermitage Museum di Moskow, Rusia, kucing diperkejakan khusus untuk membunuh tikus.

The Guinness Book of World Records telah mengakui Towser (namanya), kucing Glenturret, sebagai juara penangkap tikus sedunia. Towser (yang berumur hampir 24 tahun), ditempatkan di sebuah penyulingan di Crieff, Skotlandia. Selama penguasaannya, dia membunuh 28,899 tikus (rekor Guinness).

9. Kawin

tentang kucing

Siapa pun yang pernah memiliki kucing betina mungkin bisa melihat penderitaannya ketika ia memasuki masa pubersitasnya. Ia akan meraung-raung dan terus-menerus berusaha keluar rumah untuk bertemu dengan pelamar. Kucing jantan yang bisa merasakan keinginannya akan berada di sekitar, menunggu kesempatan. Proses kawin yang sebenarnya dari kucing adalah sebuah peristiwa yang menyeramkan, jauh dari kesan romantis. Kucing betina akan mengeluarkan suara yang mengerikan selama pertemuan itu, sementara penis kucing jantan sepertinya menjadi objek penyiksaan abad pertengahan dibanding menjadi instrumen kenikmatan dari. Olahraga yang saling membelakangi ini seperti kait ikan terbuat dari keratin yang menyapu bagian dalam saluran vagina betina. Bagian dari penderitaan percumbuan ini diperkirakan membawa pada pembuahan.

8. Terbunuh di Jalan Raya

kucing

Hal ini mungkin tak terelakkan bahwa di beberapa titik dalam hidup anda, anda akan melindas binatang saat mengemudi. Untuk sebagian besar orang, itu adalah perasaan yang mengerikan, dan kita akan menepi untuk melakukan apa pun yang kita bisa untuk membantu, terutama jika hewan tersebut adalah hewan peliharaan. Sayangnya, ada sejumlah orang yang secara mengejutkan akan melanjutkan perjalanan mereka bahkan setelah menabrak orang lain, apalagi hewan peliharaan. Di Inggris, adalah ilegal untuk tidak melaporkan kecelakaan mobil yang melibatkan anjing, atau bahkan hewan ternak, tapi anehnya, tidak ada kewajiban hukum jika menyerang kucing.

7. Susu

tentang kucing

Meskipun kucing anda akan meminum habis secawan penuh susu, namun pada kenyataannya mereka tidak tahan terhadap laktosa. Seperti pada beberapa orang, saat mereka tumbuh, kucing berhenti membuat enzim laktase, yang berfungsi memecah susu ibu mereka. Selain itu kucing anda (dan musuh abadinya, tikus), memiliki ginjal yang memungkinkan ia dapat minum air laut untuk rehidrasi, tidak seperti kebanyakan spesies.

6. Pahlawan

kucing

Anjing terkenal karena kisah-kisah kepahlawanan menyelamatkan nyawa manusia, sebaliknya kucing tampak lebih egois untuk terlibat dalam tindakan berani tersebut. Dalam prakteknya, hal ini hampir tidak terjadi. Pada tahun 2012, seekor kucing yang diselamatkan dari Humane Society beberapa jam sebelumnya berhasil menyelamatkan nyawa pemilik barunya ketika ia mengalami serangan diabetes. Kucing melompat ke dadanya saat ia kehilangan kesadaran, menepuk dan menggigit wajahnya sampai ia terbangun. Kucing tersebut kemudian berlari ke kamar anak laki-laki wanita malang itu dan mengganggunya sampai terbangun untuk meminta bantuan.

Sebuah cerita yang lebih luar biasa muncul dari Argentina pada tahun 2008, ketika seorang anak berusia satu tahun ditemukan oleh polisi di kota Misiones, yang tetap hidup dengan sekelompok kucing liar. Anak laki-laki, yang sudah terpisah dari ayah yang tunawisma, kemungkinan akan meninggal tanpa intervensi dari kucing. Mereka meringkukinya di malam hari untuk membuatnya tetap hangat dan membawanya sisa-sisa makanan. Ketika polisi mendekat, para penjaga anak tersebut mendesis galak pada mereka.

5. Kucing Savannah

tentang kucing

Tradisi kawin kucing piaraan dengan nenek moyang liar mereka muncul kembali setelah lebih dari seratus tahun, ketika kucing Bengal pertama diproduksi, yaitu hasil persilangan kucing piaraan dengan kucing leopard Asia. Namun, meskipun mereka memiliki penampilan yang eksotis, Bengals untuk sebagian besar generasi dihapus dari hutan leluhur mereka, dan memiliki alam yang lebih ramah.

Serval adalah kucing Afrika tutul-tutul seperti leopard yang kecil dengan berat antara 20 dan 40 pound, mungkin yang paling dikenal darinya adalah kaki yang sangat panjang. Tidak seperti kebanyakan kucing liar, serval dapat menjadi hewan peliharaan yang baik. Pada tahun 1986, kucing peliharaan pertama disilangkan dengan serval, menghasilkan kucing Savannah. Sejak tersedia untuk umum di tahun 90-an, Savannah mulai menikmati popularitas.

Pemilik mengklaim bahwa kucing Savannah kucing memiliki sifat yang mirip dengan anjing; mereka cenderung mengikuti tuan mereka dan bahkan dapat dilatih untuk berjalan menggunakan tali pengikat dan permainan mengambil sesuatu. Mereka memiliki kemampuan melompat yang luar biasa dan sangat menyukai air. Tergantung pada wilayah anda berada, mungkin ilegal untuk memelihara salah satu dari kucing ini. Australia khususnya, yang sudah memiliki masalah serius dengan kucing liar, telah melarang impor kucing Savannah. Dan bahkan jika peraturan memungkinkan anda untuk memiliki hewan peliharaan eksotis ini, anda mungkin akan berpikir dua kali untuk mendapatkannya – tergantung pada jumlah serval di garis keturunannya – mereka dapat dijual lebih dari $ 10.000.

4. The Godfather

tentang kucing

The Godfather diakui sebagai salah satu film terhebat dalam sejarah, dengan peringkat No 2 di bawah Citizen Kane menurut versi American Film Institute. Pemenang tiga Academy Awards, termasuk Best Picture, Best Actor, dan Best Adapted Screenplay, setiap aspek film telah dipelajari secara mendalam, khususnya Vito Corleone. Ketika kita diperkenalkan dengan bos mafia yang kejam, dia mengenakan tuksedo, merayakan pernikahan putrinya, dan tanpa sadar mengelus kucingnya. Ini adalah peristiwa yang kuat, perpaduan dikotomi kekuasaan kejam Don dan kelembutan ke arah hewan peliharaan. Meskipun demikian, hal tersebut sama sekali tidak disengaja. Kucing dalam film tersebut tidak ada dalam skenario sama sekali – itu adalah kucing liar yang secara kebetulan berjalan ke arahnya. Marlon Brando kemudian mengambil kucing itu dan bermain-main dengannya, sisanya adalah sejarah sinematik.

3. Kematian Hitam

kucing

Paus Gregorius IX, yang menjabat pada tahun 1227 sampai kematiannya pada tahun 1241, dalam masa pemerintahannya ditandai dengan memprovokasi Perang Salib dan inkuisisi brutal terhadap mereka yang dianggap sesat. Dia juga merasa yakin bahwa orang-orang yang menyembah kucing hitam merupakan manifestasi dari setan. Pengaruhnya menyebabkan pembantaian besar-besaran dari kucing di seluruh Eropa, kampanye yang cukup mengerikan, dan memberikan konsekuensi yang tak terduga 100 tahun kemudian. Pada akhir 1340-an, ketika tikus yang terinfeksi dengan Wabah Hitam menyapu kawasan Eropa dari Asia, mereka menemukan fakta bahwa Eropa tidak dilindungi oleh jumlah kucing yang cukup. Seandainya saja pembantaian kucing tersebut tidak terjadi maka kemungkinan jutaan nyawa manusia dapat terselamatkan.

2. Pemotongan Kuku

tentang kucing

Layaknya pemotongan kuping atau ekor pada anjing, pemotongan kuku pada kucing merupakan isu panas dalam komunitas hewan peliharaan. Banyak pemilik kucing yang pulang ke rumah menemukan bahwa sofa mereka telah robek. Mereka mungkin percaya bahwa pemotongan kuku merupakan solusi yang masuk akal untuk masalah mereka, namun operasi diperlukan untuk menghilangkan cakar mereka yang liar. Karena kuku tumbuh dari tulang, dokter hewan diperlukan untuk memotong ujung jari kaki kucing tersebut. Pemotongan kuku adalah proses yang relatif umum di Amerika Serikat, dengan hanya beberapa daerah lokal yang melarang (seperti kota San Francisco), namun dipandang sebagai kekejaman terhadap hewan dan ilegal di beberapa negara di seluruh dunia, termasuk sebagian besar Eropa, Israel, Brasil, dan Jepang.

1. 9 Nyawa

kucing

Ungkapan “kucing memiliki sembilan nyawa” mungkin sudah akrab di telinga kita. Kucing, dengan kecepatan dan kelincahan yang luar biasa, tampaknya menantang kematian di setiap kesempatan. Pencapaian terbesar hewan ini kelihatannya adalah kemampuannya untuk bertahan hidup setelah jatuh dari ketinggian berapapun. Sebagai perbandingan, manusia akan mengalami hal yang mengerikan jika jatuh diatas ketinggian tertentu. Meskipun ada beberapa kasus orang yang masih hidup ketika jatuh dari ketinggian yang ekstrim, namun secara umum manusia akan mengalami kejadian yang fatal.

Seekor kucing yang jatuh memiliki beberapa mekanisme dalam bertahan hidup. Mungkin yang paling penting adalah naluri keseimbangan, yang berfungsi sebagai semacam giroskop internal. Ketika jatuh, kucing dijamin akan mendarat pada keempat kakinya. Kaki kucing yang lentur dan berotot bertindak sebagai pegas saat mendarat, mendistribusikan kejutan yang tiba-tiba. Selain itu kucing memiliki kecepatan terminal yang jauh lebih rendah (kecepatan maksimum ketika ia jatuh) dibanding manusia: kucing memiliki kecepatan jatuh 100 km/jam; sementara kecepatan manusia dua kali lipatnya.

Ini lebih dari sekedar perkiraan; ada puluhan laporan kucing jatuh dari ketinggian yang sangat besar dan berjalan pergi dengan hanya sedikit memar. Pada tahun 2011, kucing tua bernama “Gloucester” jatuh dari tingkat sebuah apartemen Upper West Side, Manhattan dengan luka ringan. Tahun berikutnya, kucing di Boston (bernama “Sugar”) jatuh dari lantai 19. Pada tahun 2009, kucing Manhattan lain jatuh dari ketinggian yang lebih menakjubkan lagi yaitu lantai 26, kali ini dengan bukti foto yang diambil oleh pencuci jendela di dekatnya. Nama kucing yang beruntung itu adalah “Lucky”.

Comments

comments

 

 

Previous post:

Next post: