10 Fakta Menakjubkan Tentang Facebook yang Tidak Anda Ketahui

September 25, 2013

1. Rata-rata pengguna memiliki 130 teman

tentang facebook

Apakah anda khawatir tentang popularitas anda? Rata-rata jumlah teman pengguna Facebook adalah 130 orang, dan wanita cenderung memiliki sedikit lebih banyak daripada pria. Namun walaupun memiliki ratusan teman, kebanyakan orang hanya berinteraksi secara teratur dengan 4 sampai 7 orang.

Jadi berapakah teman anda?

2. Lebih dari 25% dari pengguna telah “dibuang” melalui Facebook

tentang facebook

Sebuah survei dari 1.000 pengguna Facebook di bulan Juni 2010 – 70% di antaranya adalah laki-laki – menemukan bahwa 25% telah “dibuang” melalui Facebook (melalui update status hubungannya). Dua puluh satu persen dari mereka yang disurvei mengatakan mereka akan mengakhiri hubungan dengan mengubah status hubungan mereka di Facebook menjadi “single”. Namun, survei tidak menunjukkan mayoritas orang yang tidak berpisah melalui Facebook.

Foto ini adalah status FB asli.

3. Facebook tidak mengizinkan foto menyusui

tentang facebook

Facebook, situs jaringan sosial terpopuler, memicu badai murka para ibu ketika mencabut foto menyusui bayi yang diposting oleh wanita di profil pribadi mereka karena dianggap mereka sedikit terlalu terbuka. Namun Facebook menerima iklan dari situs yang memperlihatkan wanita dalam thongs dan bikini serta pasangan bermesraan, bahkan menerima bayaran iklan untuk website kencan yang menampilkan model topless. (Iklan topless tersebut akhirnya diturunkan setelah para wanita marah dengan menyebutnya kemunafikan)

Untuk menanggapi pemberitahuan dari Facebook bahwa para ibu telah melanggar kebijakan kesopanan, “para aktivis” tersebut menanggapinya dimana 11.000 wanita memposting foto diri menyusui dan mengupdate profil mereka yang berbunyi: “Hei Facebook, Menyusui Bukanlah Tindakan Cabul!”

Kelompok pro-menyusui telah menarik lebih dari 250.000 anggota.

4. Facebook telah menyebabkan 1 di 5 pasangan bercerai

tentang facebook

Ini seperti noda lipstik di kerah yang dapat membunyikan lonceng kematian bagi banyak pernikahan. Saat ini satu dari lima perceraian melibatkan situs jejaring sosial Facebook, menurut sebuah survei terbaru dari American Academy of Matrimonial Lawyers.

Sebuah fakta yang mengejutkan dari 80 persen pengacara perceraian juga melaporkan lonjakan jumlah kasus yang menggunakan media sosial untuk perselingkuhan.

5. Al Pacino adalah ‘wajah’ pertama di Facebook

tentang facebook

Ingat pria biru yang terlihat sedih yang terdapat di halaman depan Facebook yang digunakan untuk mengarahkan anda ke bawah setiap kali anda ingin login? Mereka membuatnya di tahun 2007, jadi jika anda terlambat bergabung ke pesta jejaring sosial, maka anda kemungkinan tidak tahu sama sekali apa yang sedang dibicarakan. Menurut David Kirkpatrick, pengelola The Facebook Effect, orang di dalam logo tersebut, yang dibuat oleh teman Zuckerberg dan teman sekelas Andrew McCollum, tak lain adalah Al Pacino muda, yang ditutup dengan kabut angka nol dan satu – komponen dasar media digital. “Luar biasa, bukan?

6. 36% dari pengguna mengecek Facebook, Twitter atau SMS setelah berhubungan seks

tentang facebook

Menyalakan rokok setelah berhubungan seks? Itu betul-betul masa lalu. Oktober 2009 sebuah studi oleh Retrevo memperlihatkan bahwa jaringan sosial menjadi bagian yang semakin penting dari kehidupan orang-orang muda. Mereka yang berumur dibawah 35 tahun, 36%-nya mengaku melakukan tweeting, SMS atau memeriksa Facebook setelah berhubungan seks. Empat puluh persen responden mengaku melakukannya sambil mengemudi, 64% mengatakan mereka melakukannya di tempat kerja, dan 65% menggunakan model komunikasi ini saat berlibur.

7. Lebih dari 350 juta orang menderita akibat Gangguan Kecanduan Facebook

tentang facebook

Gangguan Kecanduan Facebook atau Facebook Addiction Disorder (FAD) adalah istilah yang diperkenalkan oleh phychologists AS bagi mereka yang kecanduan Facebook dan kehidupan mereka benar-benar terpengaruh oleh aktivitas mereka yang tidak terkendali di Facebook. Efek yang paling umum adalah hilangnya produktivitas, ketidakmampuan untuk berkonsentrasi, kedangkalan persahabatan serta isolasi dalam kasus-kasus ekstrim.

Disebutkan bahwa sekitar 350 juta orang menderita gangguan ini.

8. Pengguna Facebook memiliki nilai lebih rendah daripada non-pengguna

tentang facebook

Menurut sebuah penelitian terbaru oleh Aryn Karpinski kandidat doktor dari Ohio State University dan asistennya Adam Duberstein dari Ohio Dominican University, para mahasiswa yang menggunakan jaringan sosial dengan 1 miliar anggota ini memiliki rata-rata nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2009, mensurvei 219 mahasiswa sarjana dan pascasarjana, menemukan bahwa IPK para pengguna Facebook biasanya memiliki range lebih rendah dibandingkan bukan pengguna, yaitu 3,0-3,5 untuk pengguna dibandingkan 3,5-4,0 untuk rekan-rekan bukan teman sosial media mereka. Survei tersebut juga juga menemukan bahwa 79% anggota Facebook tidak percaya ada adanya hubungan antara IPK dan kebiasaan bersosial media mereka.

9. Burger King memberikan secara cuma-cuma burger untuk pengguna yang memutuskan pertemanan orang di Facebook

tentang facebook

Pada bulan Januari 2009, kampanye iklan dari Burger King berjudul “WHOPPER Sacrifice”, memberi penghargaan untuk para pengguna Facebook “Angry Whopper” gratis untuk mereka yang menghapus 10 teman secara terbuka, dimana kemudian sebuah pesan akan terkirim yang menginformasikan mereka telah dihapus untuk hamburger gratis. Kampanye iklan yang digagas oleh Burger King agency Crispin Porter + Bogusky dan dieksekusi oleh Refresh Partners, menggunakan tag line “Friendship Is Strong, but The Whopper Is Stronger.”

Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 55.000 kali dan lebih dari 250.000 ‘teman’ dikorbankan.

10. Seorang pria ditangkap karena secara terbuka telah meminta putrinya yang berusia 13 tahun untuk berhubungan seks lewat Facebook

tentang facebook

Salah satu kejahatan terburuk yang mungkin pernah dilakukan di Facebook, dimana seorang ayah Pennsylvania ditangkap karena diduga meminta putri remajanya untuk melakukan hubungan seks lewat Facebook. John Forehand, 39, menyebut dirinya sebagai “Bad Daddy” dalam korespondensi online dengan putrinya 13 tahun, di mana ia secara terbuka mengajaknya berhubungan seks dan membuat saran seksual secara eksplisit. Forehand memberi tahu putrinya bahwa ia telah mendapatkan mimpi “tidak pantas” tentangnya, dan menulis kepadanya, “Aku akan merawat sangat baik dari gadis kecilku.”

Gadis itu kemudian memberitahu ibunya tentang pesan tidak pantas tersebut yang ada di Facebook, dan ibunya melaporkannya kepada polisi. Polisi menangkap Forehand karena diyakini akan mengadakan pertemuan dengan putrinya. Betul-betul sakit dia!

Comments

comments

 

 

Previous post:

Next post: