10 Fakta Menarik Tentang Buah Kelapa

September 8, 2014

Buah kelapa telah menjadi bahan dasar untuk pembuatan suplemen makanan maupun minuman kesehatan. Tapi ini bukanlah satu-satunya hal yang membuat “buah kehidupan” ini dikenal oleh orang-orang. Simak saja fakta-fakta menariknya berikut ini :

10. Kelapa IV

buah kelapa

Buah kelapa memiliki banyak manfaat kesehatan yang telah terdokumentasi dengan baik ketika kita mengkonsumsinya. Banyak yang telah dibahas dalam berbagai publikasi kesehatan, tetapi dalam kasus ini, keuntungan dapat diperoleh secara lebih langsung.

Ternyata, air kelapa adalah pengganti jangka pendek yang baik untuk plasma darah manusia dan diuji positif sebagai cairan intravena darurat, jika kita merujuk balik pada tahun ’50-an. Sudah ada setidaknya satu kasus didokumentasikan di mana kelapa IV digunakan di Kepulauan Solomon untuk mengobati pasien yang menderita dehidrasi parah.

9. Digunakan Sebagai Masker Pada Perang Dunia I

buah kelapa

Perang Dunia I memperkenalkan konsep perang gas skala besar, yang membuat masker gas diperlukan untuk bertahan hidup. Masker gas menggunakan karbon untuk menyaring bersih udara, tetapi tidak semua karbon diciptakan persis sama. Produsen masker gas di AS kemudian mengembangkan penggunaan arang kelapa – diperoleh dengan membakar sekam kelapa, yang merupakan komponen penting dalam produksi masker gas. Mereka menemukan bahwa masker yang menggunakan karbon kelapa unggul dalam menyaring zat berbahaya.

Bahkan sekarang, karbon dari bara kelapa masih merupakan unsur penting dalam membersihkan radiasi dan banyak digunakan dalam proyek pembersihan di pabrik nuklir Fukushima.

8. Melatih Kera Kelapa

buah kelapa

Pohon kelapa sangat berbahaya bagi manusia untuk dipanjat, apalagi setelah sampai diatas, mereka harus membagi konsentrasi antara memegang erat pohon kelapa dan memetik buah kelapa seberat 3 kg. Itu sebabnya petani kelapa telah menggunakan jasa kera untuk melakukan pekerjaan berbahaya ini untuk mereka.

Di pulau-pulau tropis seperti Sumatera, petani melatih kera untuk memanen kelapa mereka. Sebagian besar petani mengendalikan binatang ini dengan tali yang panjang, namun beberapa kera begitu terlatih dengan merespon suara pemilik mereka. Hewan-hewan ini memiliki permintaan yang tinggi sehingga mereka bisa menghasilakan cukup uang

7. Istana Kelapa

buah kelapa

Kelapa bukan saja makanan yang bermanfaat, namun juga merupakan bahan bangunan yang sangat baik. Setidaknya, itulah yang dipikirkan mantan Presiden Filipina Ferdinand Marcos ketika membangun Istana Kelapa.

Bermaksud untuk mengesankan Paus Yohanes Paulus II saat berkunjung ke Filipina, Marcos memerintahkan struktur mewah yang dibangun dari 37 juta peso ($ 10 juta). Tujuh puluh persen dari struktur dua lantai ini dibangun dari kayu kelapa. Komponen lain dari berbagai macam pohon dan buah kelapa juga dimasukkan ke dalam dekorasi dan arsitektur.

Apakah Istana Kelapa membuat Paus terkesan? Disatu sisi ya, namun tidak disisi lain. Paus Yohanes Paulus II menilai istana terlalu megah dan flamboyan untuk selera nya (belum lagi jika dihubungkan dengan tingkat kemiskinan yang tinggi di negara tersebut), dan ia akhirnya memutuskan untuk tinggal di tempat lain.

6. Seni Kelapa

buah kelapa

Seniman berbakat dapat menciptakan keindahan dari apa pun, tidak terkecuali kelapa. Kelapa digunakan sebagai media untuk pembuatan patung baik kasar maupun rumit, yang memerlukan ketelitian dan keterampilan. Tempurung kelapa yang utuh dapat menjadi sebuah kanvas besar untuk lukisan festival.

Kelapa juga merupakan bagian tak terpisahkan dari beberapa tarian rakyat tropis dan pertunjukan budaya. Maglalatik misalnya, yang merupakan tarian adat Filipina, dimana tarian ini menggunakan tempurung kelapa yang diikat ke berbagai bagian tubuh pemain laki-laki dan digunakan sebagai drum.

5. Bahan Bakar

buah kelapa

Kelapa adalah bahan bakar yang baik untuk tubuh, tetapi apakah anda juga tahu bahwa kelapa merupakan bahan bakar mesin yang ramah lingkungan? Biodiesel telah membuat terobosan sebagai alternatif bahan bakar fosil, dan pohon kelapa kebetulan menjadi salah satu tanaman yang dapat menghasilkan minyak yang bisa diterapkan. Tidak hanya itu, kelapa juga dapat melakukan peran ganda: sebagai substansi dasar, aditif, atau pengganti langsung untuk diesel minyak bumi.

Hal ini seharusnya tidak menjadi sebuah kejutan besar mengingat mesin diesel pada awalnya bekerja dengan menggunakan minyak kacang.

4. Pemetaan Prasejarah Dengan Rute Perdagangan Kelapa

buah kelapa

Kelapa telah menjadi faktor kunci dalam pertumbuhan dan perkembangan banyak peradaban manusia. Dan saat ini, para ilmuwan telah menemukan betapa besar kelapa telah memainkan peran dalam perdagangan dan migrasi.

Ada lebih dari 1.300 jenis kelapa, dan mereka dapat dikelompokkan menjadi dua asal-usul genetik utama: Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Dengan memeriksa keturunan genetik kelapa, ahli biologi evolusi Kenneth Olsen dan timnya telah mampu melacak jalur perdagangan dan jalur migrasi dari peradaban manusia purba.

3. Vodka Kelapa

Liburan pantai tidak lengkap tanpa minuman kelapa yang menyegarkan untuk membantu anda bergairah kembali dan bersantai. Namun jika anda ingin berpesta, jangan mencoret dulu kelapa dari daftar makanan dan minuman anda.
Di Filipina, getah dari bunga kelapa yang belum mekar disuling menjadi minuman keras yang disebut lambanog. Ini adalah barang yang sangat kuat, tapi organik dan bebas kimia. Lambanog diproduksi secara tradisional (produk rumahan), namun beberapa penyuling komersial telah memperkenalkan beberapa rasa ke pasar, seperti mangga, permen karet, dan blueberry.

2. Baju Perang Kelapa

buah kelapa

Ketika kita berpikir “baju perang kelapa,” gambaran pertama yang muncul ke pikiran mungkin adalah sabut kelapa berlubang yang digunakan sebagai helm darurat. Tapi pengrajin di kepulauan Mikronesia kecil Kiribati jauh lebih pintar daripada itu.

Setelan kelapa mereka terbuat dari anyaman padat sabut kelapa – mirip seperti memakai karpet yang benar-benar tebal. Baju perang terdiri dari topi, pelindung tubuh, pelapis punggung, legging, dan rompi (jaket pas). Sebuah kerah tinggi di belakang melindungi prajurit dari batu yang dilemparkan dari pihaknya sendiri, suatu bentuk primitif dukungan artileri.

1. Mereka adalah Sensasi Pop

buah kelapa

Mulai sekarang, anda harus menyadari bahwa kelapa adalah buah yang cukup populer. Bahkan, mereka telah menjadi inspirasi bagi beberapa sensasi musik. Seperti pada lagu “Coconut” dinyanyikan oleh Harry Nilsson, lagu unik dan menarik yang muncul di awal 70-an dan dengan cepat menjadi hit Billboard. Memasuki era berikutnya, lagu tersebut dilantunkan kembali lewat film-film bioskop (Reservoir Dogs, Confessions of A Shopaholic), televisi (The Simpsons, House, Doogie Howser, M.D.), dan videogame (Alan Wake).

Comments

comments

 

 

Previous post:

Next post: