10 Fakta Menarik Tentang Kentut

August 2, 2013

kentut

Kentut adalah suatu peristiwa yang memang harus terjadi pada setiap manusia. Jika ada orang yang tidak kentut, mungkin dia akan merasa kesal karena ada sesuatu yang tidak beres di dalam badannya.

Setiap hari kita melakukan kentut, namun tidak semua orang menyadari bahwa ternyata manusia rata-rata melakukan kentut sebanyak 14 kali sehari. Atau tahukah anda mengapa kentut mengeluarkan bau yang tidak sedap? Tidak hanya itu, masih banyak fakta lain tentang kentut yang mungkin belum anda ketahui. Kita simak bersama-sama 10 Fakta Unik dan Menarik Tentang Kentut berikut ini.

1. Kentut, Apa Itu?

Pada prinsipnya, kentut merupakan udara yang terjebak di dalam tubuh kita dan dapat disebabkan oleh berbagai sumber, seperti dari udara yang tak sengaja ikut kita telan saat makan atau minum, udara yang berasal dari gas yang merembes dari usus ke dalam darah dan gas yang dihasilkan dari reaksi kimia oleh bakteri dalam usus. Kentut mengandung sekitar 1% hidrogen sulfida dan gas merkaptan yang mengandung belerang. Beleranglah yang membuat bau dari kentut. Lantas mengapa kentut mengeluarkan bunyi? Ternyata bukan kentut yang berbunyi, namun itu adalah getaran rektum ketika udara menekan keluar.

2. Mengapa Kentut Mengeluarkan Bau Tidak Sedap?

Semakin tinggi kandungan belerang dalam tubuh, maka bau kentut akan semakin menyengat hidung dan tentu saja orang yang berada di sekitar dapat semakin mencium bau kentut anda. Beberapa makanan yang mengandung banyak belerang seperti kacang-kacangan, kubis, keju, soda, dan telur dapat menambah pekat bau kentut anda.

3. Berapa Kali Kita Kentut Dalam Sehari?

Setiap orang rata-rata menghasilkan kurang lebih 500ml kentut per hari dan inilah salah satu yang menarik, meskipun tidak banyak wanita yang mengakui, ternyata faktanya adalah wanita melakukan kentut lebih banyak dibandingkan laki-laki! Yah, jelas saja wanita tidak mau mengakui karena kentut dianggap perilaku yang bisa menurunkan pamor kaum wanita.

Namun, jika diambil rata-rata, setiap orang melakukan kentut sebanyak 14 kali dalam sehari. Dan tahukah anda, jika anda melakukan kentut terus-menerus selama 6 tahun 9 bulan dan kentut tersebut anda tampung di suatu tempat, energi yang dihasilkan dari kentut anda adalah setara bom atom! Wow … Ternyata tidak terlalu sulit untuk membuat bom atom ya.

4. Kecepatan Kentut Adalah 3 meter/detik

Meskipun kentut keluar dari tubuh seseorang dengan kecepatan yang berbeda-beda, tetapi anda dapat merasakan baunya sekitar 10-15 detik kemudian setelah kentut tersebut keluar. Itu karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kentut dapat mencapai lubang hidung anda. Dan jangan lupa faktor angin pun sangat mempengaruhi.

5. Menahan Kentut = Tidak Sehat

Beberapa ahli berpendapat bahwa kentut adalah suatu proses yang alami dari sistem pencernaan di dalam tubuh, jadi jika anda menahan diri untuk tidak kentut, maka jelas itu berbahaya. Jika anda menahan kentut, anda akan mengalami perut kembung dan bahkan yang terburuk anda dapat terkena wasir. Jadi? Saat anda ingin kentut, keluarkanlah dengan tenang dan damai. Ohh tidak … bayangkan jika anda sedang berada di antrian yang panjang.

6. Ada Anggapan Bahwa Kentut Adalah Hal yang Penting

Jika beberapa orang berpikir bahwa kentut di muka umum adalah tidak sopan, sebaliknya ada orang-orang yang beranggapan kentut di muka umum tidak menjadi masalah. Bahkan suku-suku Indian di Amerika Serikat, seperti suku Yanomami beranggapan bahwa kentut sebagai sebuah sapaan. Di Cina, terdapat pekerjaan profesional yang tugasnya adalah menciumi bau kentut … hmm, mungkin anda berminat? Jika ini masih kurang, Kaisar Claudius pada masa pemerintahan Romawi Kuno pernah mengeluarkan undang-undang yang menyatakan bahwa kentut bisa dilakukan pada saat makan malam kerajaan.

7. Gas Kentut Bisa Terbakar?

Kentut mengandung gas metana dan hidrogen, dan inilah yang dipercaya menjadikan kentut mudah terbakar. Jadi mungkin dalam sebuah operasi usus, tim dokter harus menjaga sumber api dibanding sesuatu yang tidak menyenangkan terjadi.

8. Mahluk yang Paling Sering Kentut Adalah Rayap

Tahukah anda bahwa pemanasan global di bumi ini salah satu penyebabnya adalah rayap kecil? Ya, rayap dilaporkan kentut lebih banyak dibanding hewan lain yang menghasilkan gas metana. Menurut penelitian, rayap memproduksi metana sebesar 22 Tg / tahun sehingga menjadikannya sumber alami emisi metana kedua terbesar di dunia. Sulit dipercaya!

9. Kentut Ketika Tidur

Oke, anda mungkin lebih memilih untuk menahan kentut dibanding anda merasa malu. Tapi tahukah anda bahwa ternyata ketika anda tidur, kentut dapat keluar tanpa sepengetahuan anda?

10. Orang Meninggal Tetap Bisa Kentut

Meskipun seseorang telah meninggal, namun ia tampaknya masih bisa mengeluarkan kentut. Secara medis, mayat masih bisa mengeluarkan kentut hingga kira-kira 3 jam setelah dinyatakan meninggal, dimana gas tersebut berasal dari otot-otot tubuh yang berkontraksi untuk terakhir kalinya. Hiii… takut!

Comments

comments

 

 

Previous post:

Next post: