10 Manfaat Susu Untuk Kesehatan

December 31, 2013

Ketika kita masih kecil, kita tidak mengetahui minuman apa yang berwarna putih dimana orangtua kita sering memaksa kita untuk meminumnya. Ketika kita tumbuh dewasa, kita dijelaskan mengenai perlunya susu. Susu adalah salah satu elemen paling penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tubuh kita, sebagaimana juga terdapat dalam asas 4 Sehat 5 Sempurna.

Ketika kita dilahirkan, makanan pertama yang kita terima adalah ASI yang disebut sebagai ‘kolostrum’, yang merupakan sumber yang kaya akan kekebalan tubuh dan selama 6 bulan hingga 1 tahun ke depan, anak hanya diberikan ASI.

Tubuh kita tumbuh dan berkembang dari susu. Susu mengandung protein, lemak dan nutrisi yang kita butuhkan untuk proses dasar kita untuk bertumbuh. Kekurangan susu tidak menunjukkan efek yang segera tetapi hal itu merugikan kita dalam jangka panjang. Tanpa susu tubuh kita menjadi lemah dan lesu serta tingkat energi menurun drastis. Wanita hamil menderita banyak masalah jika mereka kekurangan susu karena bayi dalam kandungan membutuhkan nutrisi maksimum untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Seorang ibu juga perlu susu untuk melahirkan bayinya kelak, anak-anak perlu untuk membangun kekuatan dalam tubuh, dll. Susu membantu untuk mengembangkan otak, mempertajam ingatan kita, membuat kita kuat.

Meskipun saat ini kita sulit untuk mendapatkan susu murni, mendapatkan susu dengan setengah air juga tidak masalah, namun cerita tidak berakhir di sini. Saat ini banyak orang, demi mencari keuntungan pribadi, mereka mendapatkan uang dengan cara mencampur bahan kimia berbahaya dalam susu, hanya untuk meningkatkan kuantitas dan mengabaikan kesehatan konsumen. Namun terlepas dari hal itu, kita semua telah belajar sejak masa kanak-kanak bahwa susu adalah produk yang paling penting bagi tubuh kita dan ibu kita tidak lelahnya untuk memberikan dan membuatkannya untuk kita.

Dan sekarang marilah kita bersama-sama menyimak 10 manfaat susu untuk kesehatan:

1. Pertumbuhan yang Tepat dan Tubuh yang Sehat

manfaat susu

Susu sangat penting untuk pertumbuhan tubuh secara keseluruhan. Susu memberikan kita kalsium yang merupakan unsur multiguna. Kalsium membantu kita untuk tumbuh lebih tinggi, membuat tulang kita kuat, membuat gigi kita kuat , dll. Kalsium diperlukan untuk begitu banyak tujuan dan paling kaya ditemukan dalam susu, sehingga susu dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh secara keseluruhan. Susu membantu kita untuk tumbuh secara fisik dan mental . Mengkonsumsi susu setiap hari membuat anda lebih pintar dan sehat karena menyediakan nutrisi lengkap dalam bentuk protein, kalsium, zat besi, kalium serta vitamin yang penting bagi tubuh. Jadi untuk memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari penyakit dan masalah lainnya, minumlah susu secara teratur.

2. Membantu dalam Pencernaan

manfaat susu

Kita semua menyukai makan junk food saat ini dan kurang memperhatikan untuk diet sehat bergizi. Junk food yang kita makan terbuat dari bahan-bahan yang buruk yang mengganggu sistem pencernaan tubuh. Dengan minum susu akan membantu menjaga sistem pencernaan tetap pada jalur. Susu memberikan jenis nutrisi yang melindungi sistem kita dan membantu dalam pencernaan yang tepat. Susu mengandung nutrisi seperti vitamin A , B dan D yang menjaga sistem pencernaan yang sehat dan juga membantu dalam menguraikan nutrisi tersebut. Jadi minum susu penting demi kelancaran sistem pencernaan kita.

3. Kulit yang Cerah

manfaat susu

Karena begitu banyak panas dan polusi, pori-pori kulit dipenuhi oleh debu dan partikel lainnya. Partikel-partikel ini merusak kulit, sehingga menjadi berminyak dan kasar, jerawat pun rawan untuk muncul. Kita tidak bisa menggunakan kosmetik sepanjang waktu karena dapat membahayakan kulit. Untuk mencegah kulit anda dari kekusaman, minum 2-3 gelas susu setiap hari. Susu memiliki nutrisi seperti asam laktat dan asam amino lainnya yang mencegah kulit dari kerusakan dan membuatnya bersinar dan halus. Bahkan membersihkan wajah dengan susu dapat membantu menghilangkan partikel debu, membuatnya bersinar kembali. Jadi susu bisa mencegah kulit kita dari tanda-tanda yang tidak diinginkan dan membuat kita terlihat lebih cantik.

4. Tulang yang Kuat

manfaat susu

Kita semua tahu bahwa untuk memiliki tulang yang kuat dan sehat kita membutuhkan kalsium dan kalsium menjadi kandungan utama dalam susu. Jika kita minum minimal 2 gelas susu setiap hari, tulang kita menjadi lebih kuat dan kita lebih cenderung untuk terhindar dari patah tulang dan tulang lemah. Jika kita tidak minum susu cukup, maka kita akan mulai mengalami nyeri sendi karena kurangnya kalsium dan pada tahap akhir dapat menyebabkan tulang patang atau lazim disebut ‘osteoporosis’. Jika kita tidak menerima kadar yang tepat dari kalsium dalam tubuh kita, gejala seperti tulang lemah, bintik-bintik pada kulit, dan nyeri sendi akan terlihat pada tubuh seseorang.

5. Daya Tahan Otot

manfaat susu

Para gadis mengagumi anak laki-laki yang kuat untuk melindungi mereka dan semua anak laki-laki ingin menjadi pria berotot kuat. Untuk mendapatkan kekuatan tersebut, tubuh membutuhkan protein dan sumber protein terbaik adalah susu. Untuk membentuk tubuh yang kuat, kita harus berlatih, dan untuk mengembalikan energi sehabis latihan, kita perlu minuman energi. Susu bisa menjadi pilihan yang sangat baik. Susu memberikan kita protein untuk tubuh yang tahan untuk waktu yang lama serta membantu membangun tubuh aktif dan berotot. Jadi setidaknya segelas susu penting setiap hari untuk menjadi kuat dan sehat .

6. Tidur Nyenyak

manfaat susu

Dalam kehidupan yang menyetreskan ini, banyak dari kita kekurangan tidur atau mengalami insomnia (sulit tidur). Kita berpikir siang dan malam, berusaha untuk memecahkan masalah kita, entah itu masalah kantor, tekanan teman sebaya, masalah pernikahan dan ribuan lagi masalah yang membuat kita sulit tidur. Segelas susu dapat menjadi obat bagi masalah tidur anda. Jika kita minum segelas susu hangat sebelum tidur, menjauhkan semua peralatan elektronik, dab berbaring di tempat tidur, maka kita benar-benar bisa tertidur karena susu mengandung jenis asam amino yang membantu kita tidur. Jadi disarankan untuk mengambil segelas susu setelah makan malam untuk mendapatkan tidur malam yang baik dan mempersiapkan diri untuk tugas di hari esok.

7. Rambut Indah

manfaat susu

Saat ini masalah rambut yang paling umum adalah kerontokan, dan banyak dari kita mengalaminya, sehingga sulit untuk tumbuh sehat dan panjang. Polusi dan semua zat kimia yang merusak yang berada dalam semprotan atau kondisioner menghancurkan rambut kita, membuat mereka lemah dan kasar yang akhirnya mengarah pada kerontokan. Rambut tidak menerima jumlah nutrisi yang tepat yang diperlukan untuk pertumbuhannya. Jadi rambut menjadi kusam dan mudah rontok. Susu membantu pertumbuhan rambut yang sehat. Susu mengandung protein, kalsium dan mineral yang dibutuhkan untuk kelancaran pertumbuhan rambut. Semua nutrisi ini disediakan oleh susu yang membantu rambut tumbuh lembut, halus, panjang dan indah. Jadi para wanita, mulailah minum cairan putih ajaib ini untuk rambut halus yang indah.

8. Mencegah Penyakit

manfaat susu

Susu melindungi tubuh kita dari sejumlah besar penyakit. Susu dianggap sebagai sumber terbaik untuk mencegah hilangnya memori atau demensia dan kerusakan saraf otak. Susu membuat memori anda tajam. Susu sapi membantu untuk mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan perut dan masalah lambung juga. Susu dingin sebenarnya solusi terbaik untuk orang-orang yang menderita keasaman. Ditemukan juga bahwa susu mengandung semacam vitamin yang dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer yang menyerang sejumlah besar penduduk. Mengkonsumsi susu setiap hari akan mengurangi kemungkinan kematian akibat serangan jantung atau stroke. Jadi disarankan untuk minum susu lebih banyak agar tubuh tetap sehat dan hidup lebih lama.

9. Gigi yang Kuat

manfaat susu

Susu juga sangat banyak membantu untuk pembentukan gigi yang kuat. Susu memiliki kelimpahan kalsium, fosfor dan yodium yang dibutuhkan agar gigi menjadi tajam dan kuat. Kalsium (unsur utama enamel gigi kita) membantu gigi tetap sehat dan mencegah mereka dari rongga atau kerusakan gigi serta membentuk tulang rahang yang kuat. Yodium melindungi gigi dan mulut dari penyakit, sementara fosfor membuat gusi dan rahang kita lebih kuat. Jadi susu sangat penting bagi seorang anak untuk membangun gigi yang sehat dan kuat.

10. Mengasah Otak

manfaat susu

Minum susu akan meningkatkan kekuatan otak, mulai dari bayi yang baru lahir hingga berusia 70 tahun. Hampir 70 persen dari otak dikembangkan sampai usia lima tahun untuk pertumbuhan mental dan fisik yang tepat. Minum susu sangat penting karena membantu mempertajam memori. Segelas susu setiap hari membuat kinerja anda lebih baik hari demi hari. Ini membuat anda mengingat hal-hal untuk waktu yang lama dan dengan demikian menghindari kebingungan. Seorang anak dengan asupan susu yang tepat akan lebih baik dalam pembelajaran dan semua tugas sehari- hari dibanding orang yang kekurangan. Sejak kecil, jika kita cukup mengonsumsi susu yang diperlukan untuk tubuh kita, kita bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas dan juga sukses dalam hidup kita.

Sudahkah anda minum susu hari ini?

Comments

comments

 

 

Previous post:

Next post: