10 Negara Terkaya di Dunia

May 22, 2013

Standar hidup yang tinggi, tingkat pengangguran yang rendah, kesejahteraan dan program sosial … adalah beberapa ciri sebuah negara industri dan modern. Dan negara manakah yang paling memiliki kriteria tersebut? Berikut ini adalah 10 negara terkaya di dunia dalam hal pendapatan per kapita 2012 :

1. Qatar

negara terkaya

Negara yang kaya minyak ini menduduki puncak daftar dengan pendapatan per-kapita $ 98.948. Mereka memiliki cadangan gas alam terbesar ketiga di dunia. Dengan jumlah tersebut mereka mampu menghasilkan jumlah barel yang sama selama 50 tahun ke depan. Lebih dari setengah PDB mereka berasal dari minyak, termasuk 85% dari ekspor dan 70% dari pendapatan pemerintah. Untuk lebih merangsang ekonomi, Qatar juga memulai proyek-proyek infrastruktur besar, tepat pada waktunya mengingat penunjukkan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia Sepak Bola 2022.

2. Luksemburg

negara terkaya

Inflasi yang minimal, tingkat pengangguran yang rendah dan kestabilan secara umum telah menyebabkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh untuk negara Eropa kecil ini. Mereka memiliki sektor industri yang kuat dengan industri utama baja, kimia dan karet. Luksemburg juga dikenal untuk sektor jasa keuangan yang menyumbang hampir sepertiga dari ekonomi. Reputasi mereka sebagai tempat bebas pajak telah mulai luntur karena tekanan dari Uni Eropa. Namun, dengan pendapatan per kapita $ 80.559, perekonomian negara ini membuat iri sebagian besar negara Eropa.

3. Singapura

negara terkaya

Menjadi pusat keuangan dan teknologi di Asia Tenggara, Singapura telah berubah menjadi ekonomi yang sangat maju dengan pendapatan per kapita $ 59.710, dan menjadi perekonomian terkuat ketiga di dunia. Sebagian besar pendapatan berasal dari ekspor produk elektronik, teknologi dan obat-obatan, serta pada sektor keuangan yang kokoh.

4. Norwegia

negara terkaya

Norwegia diberkati dengan sumber daya alam yang melimpah, mulai dari minyak dan sumberdaya air sampai dengan mineral dan hutan. Selain menyediakan penduduknya dengan pendapatan per-kapita $ 53.396, jaringan kesejahteraan sosial yang luas juga ada di tempat ini. Norwegia adalah salah satu eksportir terbesar minyak dan gas di dunia. Pendapatan dari minyak bumi ini memberikan kontribusi seperlima dari pendapatan pemerintah.

5. Brunei

negara terkaya

Dengan pendapatan per kapita $ 49.536, Brunei telah memanfaatkan dengan baik penggunaan minyak mentah dan cadangan gas alamnya yang besar. Warga berhak mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dan pendidikan sampai ke tingkat perguruan tinggi. Perumahan juga disubsidi. Untuk lebih meningkatkan pendapatan, pemerintah juga telah mengambil keuntungan dari peluang investasi di luar negeri.

6. Amerika Serikat

negara terkaya

Menyandang predikat ekonomi terkuat di dunia, Amerika Serikat selalu unggul dalam kemajuan teknologi, persenjataan dan sektor kedirgantaraan. Pendapatan per kapita berada pada angka $ 48.328, meskipun tidak berasal dari paket kesejahteraan sebagaimana negara-negara maju lainnya. Mereka bangga dengan sistem perekonomian yang berorientasi pasar di mana sektor swasta memutuskan hampir segala sesuatu dengan intervensi minimal dari pemerintah.

7. Uni Emirat Arab

negara terkaya

Ini adalah negara kaya minyak lainnya di Timur Tengah dengan pendapatan per-kapita $ 47.729. Penemuan ladang minyak telah secara radikal mengubah UEA dari populasi yang didominasi kemiskinan pada tiga dekade lalu. Pemerintah telah menerapkan kebijakan pajak nol persen bahkan untuk perusahaan yang sepenuhnya milik asing. Hal ini telah membantu meningkatkan lapangan kerja sektor swasta, yang merupakan unsur penting dalam upaya pemerintah dalam melakukan diversifikasi ekonomi.

8. Swiss

negara terkaya

Kaya, damai dan netral, Swiss merupakan negara ekonomi modern dengan tenaga kerja terpelajar yang memiliki pendapatan per-kapita $ 44.452. Bank-bank nya diakui di seluruh dunia. Seiring dengan pajak rendah, pasar yang efisien, aturan yang terprediksi dan infrastruktur modern, telah memungkinkan ekonomi Swiss untuk terus tumbuh.

9. San Marino

negara terkaya

Pariwisata di San Marino dan sektor perbankan telah menyumbang keberhasilan ekonomi dengan pendapatan per-kapita $ 43.090. Namun hal ini menghadapi tantangan mengingat tekanan dari masyarakat internasional bagi San Marino untuk meningkatkan transparansi industri perbankan. Selain itu, tarif pajak yang rendah telah membuat banyak perusahaan maupun investor untuk masuk ke negara ini.

10. Belanda

negara terkaya

Dikenal karena hubungan industrinya yang stabil, Belanda memiliki pendapatan per kapita $ 42.023. Pendapatan umumnya berasal dari pengolahan makanan dan penyulingan minyak bumi. Negara ini juga memiliki sektor pertanian otomatis yang secara konsisten menghasilkan angka ekspor yang besar, yang memungkinkan untuk menghasilkan surplus perdagangan yang signifikan.

Comments

comments

 

 

Next post: