10 Serangga Dengan Kemampuan Menakjubkan

October 21, 2014

Banyak orang takut akan serangga, mungkin karena mereka menjijikkan, aneh, dan menyeramkan. Tetapi meskipun penampilan mereka aneh, banyak serangga memiliki kemampuan luar biasa yang akan menempatkan hewan lain, dan bahkan kita manusia, menjadi malu. Di balik ukurannya yang sangat kecil dan otaknya yang sederhana, makhluk yang rendah ini memegang peranan kunci untuk memecahkan beberapa masalah terbesar manusia.

10. Kecoa

kecoa

Kecoa mungkin adalah makhluk yang paling tidak disukai di seluruh dunia. Meskipun demikian, mereka adalah makhluk yang terkuat. Hanya kehadiran dari satu kecoa saja dapat membuat orang terkuat sekalipun melompat, berlari, dan berteriak seperti seorang gadis.

Apa yang kebanyakan orang tidak ketahui adalah bahwa kecoa ternyata memiliki nilai yang signifikan bagi dunia medis. Sejumlah peneliti saat ini sedang mempelajari kecoa untuk potensi mereka dalam menyembuhkan beberapa penyakit manusia yang paling ditakuti. Para ilmuwan telah menemukan bahwa otak kecoa berisi “sembilan molekul antibiotik … yang melindungi mereka dari bakteri mematikan”. Jadi, apakah hal ini harus dilakukan dengan obat modern? Molekul antibakteri yang ditemukan di otak kecoa lebih kuat daripada antibiotik yang kita gunakan saat ini. Bahkan, sifat antibakteri serangga menjijikkan ini jauh lebih efektif daripada beberapa obat modern yang pernah kita buat. Uji laboratorium menunjukkan bahwa molekul antibakteri yang ditemukan dalam kecoa dapat dengan mudah menyembuhkan E.coli dan MRSA – infeksi bakteri yang lebih mematikan daripada AIDS.

Disamping kekuatan penyembuhannya yang hebat, kecoa juga memiliki kemampuan luar biasa untuk bertahan dari ledakan nuklir. Ketika kota Hiroshima dan Nagasaki dimusnahkan oleh bom atom, satu-satunya yang selamat adalah kecoa. Namun, penting untuk dicatat bahwa kemampuan yang menakjubkan ini memiliki keterbatasan. Bila terkena 100.000 unit radon, kecoa akan mati.

9. Lebah

lebah

Lebah adalah hewan paling cerdas di dunia serangga. Tidak hanya karena mereka memiliki sarana yang canggih dalam berkomunikasi dengan sesamanya, namun mereka juga memiliki kemampuan navigasi yang luar biasa meskipun fakta bahwa penglihatan mereka terbatas.

Telah menjadi pengetahuan umum bahwa lebah madu dapat berkomunikasi satu sama lain. Mereka melakukan serangkaian gerakan yang disebut “tarian mengibas” untuk memberitahu satu sama lain di mana makanan berada atau yang tempat terbaik untuk membangun koloni baru. Namun, apa yang banyak orang tidak ketahui adalah bahwa tarian ini sangat canggih. Lebah madu mengetahui bahwa bumi itu bulat, dan mereka mengambil fakta tersebut menjadi pertimbangan ketika mereka belajar memetakan lokasi sumber makanan tertentu. Selain itu, mereka juga dapat menghitung sudut yang sangat mudah hanya dengan membaca tarian goyangan mereka. Misalnya, jika tarian lebah dari arah jam 12 ke jam 6, berarti makanan atau rumah terletak jauh dari matahari. Sebaliknya, gerakan jam 6 ke jam 12 menandakan bahwa lebah “terbang lurus ke depan menuju matahari”. Gerakan jam 7 ke jam 1 berarti bahwa lebah terbang “di sebelah kanan matahari”.

Selain berkomunikasi satu sama lain, lebah madu juga melakukan navigasi terhadap lingkungan mereka melalui cara lain seperti mengingat tanda visual, mengambil posisi matahari sebagai pertimbangan, dan menggunakan medan elektromagnetik bumi.

8. Belalang

belalang

Belalang adalah salah satu penerbang yang paling efisien di dunia serangga. Makhluk bersayap, dimana banyak orang menganggapnya sebagai ancaman, mampu terbang dengan jarak yang jauh tanpa menggunakan terlalu banyak energi. Selama bertahun-tahun, para ilmuwan telah mempelajari belalang, dan mereka menemukan bahwa meskipun serangga ini tidak menghasilkan sejumlah besar daya dorong dan angkat, mereka mampu mempertahankan tingkat penerbangan yang stabil. Kemampuan mereka untuk mempertahankan tingkat penerbangan yang stabil tidak berubah bahkan jika angin dan suhu menjadi kurang bersahabat. Kemampuan luar biasa ini memungkinkan mereka untuk melakukan perjalanan jarak yang sangat jauh tanpa membuang banyak energi.

Apa yang lebih menakjubkan adalah bahwa belalang memiliki kemampuan untuk memutar sayap mereka selama penerbangan. Dengan demikian, mereka dapat menjaga dan bahkan mengendalikan kuantitas daya angkat yang mereka hasilkan. Fitur tambahan ini memungkinkan mereka untuk terbang hingga 80 kilometer dalam satu hari tanpa memerlukan istirahat.

7. Kunang-kunang

kunang-kunang

Kemampuan luar biasa kunang-kunang untuk menghasilkan cahaya adalah sebuah keajaiban dalam kerajaan hewan, dan sumber inspirasi dan sukacita bagi banyak dari kita. Sebagai seorang anak, anda mungkin mengalami perasaan ajaib yang muncul setelah melihat kerlip senja serangga menakjubkan ini untuk pertama kalinya.

Satu hal dimana kita, sebagai manusia, dapat belajar dari kunang-kunang adalah bagaimana menggunakan energi secara efisien. Kunang-kunang dirancang oleh alam untuk menggunakan energi tanpa membuangnya terlalu banyak melalui panas. Lampu terang yang kita miliki di rumah hanya menggunakan 10% dari total energi mereka dalam memproduksi cahaya. Sisanya 90% menjadi energi panas yang terbuang. Di sisi lain, tubuh menakjubkan dari kunang-kunang dirancang untuk menggunakan 100% energi dalam menghasilkan cahaya. Jika kunang-kunang seperti bola lampu, dimana mereka hanya menggunakan 10% energi untuk membuat cahaya dan 90% sisanya dilepaskan sebagai energi panas, mereka akan hampir pasti terbakar sampai mati.

Selain itu, seperti lebah, kunang-kunang dapat berbicara satu sama lain juga. Kunang-kunang menggunakan kemampuan mereka untuk menghasilkan cahaya sebagai sinyal satu sama lain bahwa mereka telah siap untuk kawin. Kunang-kunang jantan mengeluarkan pola kerlipan yang berbeda (setiap spesies memiliki pola unik mereka sendiri) yang memberitahu kunang-kunang betina bahwa mereka sedang “sendiri”. Di sisi lain, jika kunang-kunang betina tertarik untuk kawin, mereka juga akan menjawab dengan berkedip-kedip.

6. Kutu

kutu

Kutu berbahaya tidak hanya untuk hewan peliharaan anda, tetapi juga untuk anda dan keluarga anda. Meskipun demikian, mereka memiliki sesuatu di dalam tubuhnya yang layak dikagumi manusia: serangga ini mampu melompat 150 kali tinggi badan mereka sendiri! Mungkin tidak terdengar luar biasa jika anda melihatnya dari segi serangga, tetapi jika anda melihatnya dalam perspektif manusia, maka anda akan menemukan bahwa kutu yang mengganggu hewan peliharaan anda ini memang makhluk yang luar biasa.

Coba pertimbangkan hal berikut ini. Seseorang, sebut saja namanya Bill, memiliki tinggi 1.8 m. Jika dia adalah kutu, maka ia akan mampu melompat setinggi 862,5 meter ke udara. Bayangkan saja akan seperti apa dunia kita jika kita memiliki kemampuan kutu yang menakjubkan ini. Mungkin jumlah mobil tidak akan sebanyak saat ini, lebih sedikit polusi, biaya berkurang, dll.

5. Kumbang Kotoran

kumbang kotoran

Ada dua alasan mengapa kumbang kotoran termasuk dalam daftar ini: kotoran dan astronomi. Ini mungkin mengejutkan anda, tapi dua mata pelajaran yang tampaknya tidak berkaitan ini telah dihubungkan dengan serangga yang luar biasa ini.

Kumbang kotoran hidup dengan gaya hidup yang sangat menjijikkan. Mereka mengumpulkan kotoran hewan, menggulungnya menjadi bola, dan menggunakannya untuk beberapa tujuan. Mereka dapat menggunakan bola sebagai rumah mereka, bertelur di atasnya, atau jika mereka lapar, dapat berfungsi juga sebagai camilan. Sekarang, apa yang menakjubkan adalah bahwa kumbang kotoran memiliki kemampuan luar biasa untuk menggelindingkan “bola kotoran” mereka dalam garis lurus bahkan di malam hari! Penasaran dengan kemampuan ini, Marie Dacke, seorang ahli biologi dari Universitas Lund di Swedia, melakukan percobaan. Dia menempatkan kumbang kotoran di planetarium, dan memperhatikan serangga ini apakah berhasil menggulirkan bola kotoran mereka dalam garis lurus dengan menggunakan “seluruh langit berbintang”.
Untuk membuat percobaan lebih menarik, Dacke memutuskan untuk hanya menampilkan Galaksi Bima Sakti. Anehnya, kumbang kotoran masih mampu menggulirkan bola kotoran mereka yang berharga dalam garis lurus. Kesimpulan: kumbang kotoran adalah daur ulang hebat dan astronom yang luar biasa.

4. Capung

capung

Kita manusia memiliki kemampuan luar biasa untuk memberi perhatian secara selektif. Sekarang, anda menggunakan kekuatan ini untuk menghilangkan berbagai gangguan dan fokus pada membaca dan memahami daftar ini. Selama bertahun-tahun, para ilmuwan telah mempercayai bahwa hanya primata yang memiliki kemampuan menakjubkan ini. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa makhluk bersayap yang ada di dunia serangga ini juga mampu memperhatikan secara selektif – capung.

Capung memiliki otak yang sangat kecil dan ketika berburu untuk makanan, mereka bergantung pada perhatian selektif. Jika capung melihat segerombolan serangga kecil, mereka akan mengunci perhatiannya pada satu mangsa saja. Melalui perhatian selektif, mereka menghilangkan mangsa potensial lainnya dalam kawanan dan hanya berfokus pada target. Capung sangat akurat ketika muncul untuk menangkap mangsanya. Tingkat keberhasilan mereka sangat tinggi – 97 persen!

3. Semut

semut

Semut memiliki kemampuan menakjubkan karena bisa selalu menemukan jalan kembali ke rumah bahkan jika mereka telah berjalan jauh dalam mencari makanan. Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa semut menggunakan berbagai tanda visual untuk mengingatkan mereka di mana koloninya. Namun, di beberapa tempat, seperti gurun, di mana tidak ada tanda yang berbeda, bagaimana semut berhasil menemukan jalan pulang? Ini adalah pertanyaan yang sama dimana Dr Markus Knaden, Dr Kathrin Steck, dan Prof Bill Hanson dari Max-Planck Institute for Chemical Ecology di Jerman mencoba menjawab dengan eksperimennya yang sangat sederhana.

Untuk percobaan, para ilmuwan menggunakan semut gurun Tunisia. Mereka menempatkan empat bau yang berbeda di sekitar pintu masuk sarang semut, dan memastikan bahwa pintu masuk nyaris tak terlihat. Setelah membiarkan semut menghubungkan bau dengan sarang mereka, mereka kemudian dipindahkan dan ditempatkan di lokasi yang berbeda.
Secara mengejutkan, semut pergi ke daerah di mana bau itu berasal (tempat yang sama di mana pintu masuk sarang berada). Percobaan ini membuktikan bahwa semut dapat mencium secara “stereo”, yang berarti bahwa mereka dapat merasakan dua bau yang berbeda pada saat yang sama dari dua arah yang unik. Selain itu, juga membuktikan bahwa di tempat-tempat, seperti gurun, semut tidak bergantung pada tanda visual. Mereka membuat “peta bau” dari lingkungan mereka dengan mengandalkan “penciuman stereo” mereka. Selama baunya masih ada, mereka akan selalu menemukan jalan kembali ke rumah.

2. Tawon Voodoo

tawon

Tawon voodoo, disebut seperti itu karena mereka memiliki kemampuan “ajaib” untuk mengubah mangsa atau musuh-musuh mereka menjadi “zombie”. Hal ini mungkin terdengar seperti sesuatu yang anda lihat di film sci-fi, tetapi para ilmuwan telah membuktikan bahwa tawon voodoo memang mampu merangsang serangga lain ke dalam keadaan seperti zombie. Terlebih lagi yang menakutkan adalah bahwa, setelah serangga tersebut menjadi zombie, tawon voodoo dapat mengendalikan mereka.

Tawon voodoo bertelur di dalam tubuh ulat geometrid muda. Larva dalam ulat bertahan dengan makan cairan tubuh dari “induk” mereka. Setelah larva mencapai perkembangan yang penuh, mereka menemukan jalan keluar dari tubuh ulat itu dengan memakan kulitnya. Kemudian, mereka membuat kepompong dan menempel ke daun atau cabang. Inilah bagian yang sedikit menakutkan, namun sama-sama menarik. “Induk” ulat tidak meninggalkan kepompong, mereka malahan melakukan hubungan bisnis seperti biasa, ulat bertindak sebagai pengawal kepompong, melindunginya dari berbagai predator.
Peneliti melakukan percobaan yang menunjukkan bahwa ulat yang terinfeksi tidak menjadi “zombie pengawal” tawon voodoo dengan memperkenalkan kutu busuk. Ulat yang tidak terinfeksi tidak melakukan apa-apa untuk menghentikan kutu busuk untuk pergi mendekati kepompong. Di sisi lain, ulat yang terinfeksi melindungi kepompong dengan menyingkirkan kutu busuk keluar dari cabang. Para ilmuwan tidak mengetahui mengapa ulat yang terinfeksi melindungi kepompong. Namun, mereka menemukan bahwa kemampuan luar biasa dari tawon voodoo sangat penting untuk kelangsungan hidup mereka.

1. Kumbang Pengebom

serangga

Ketika bicara tantang strategi pertahanan di dunia serangga, tidak ada yang dapat mengalahkan kumbang Bombardier. Makhluk ini memiliki kemampuan luar biasa untuk menembakkan campuran panas dari larutan kimia yang cukup kuat untuk melukai musuhnya. Cairan beracun yang disemprotkan oleh kumbang ini bisa mencapai suhu yang mengesankan yaitu 100 derajat Celcius.

Tapi apa yang lebih menarik adalah desain yang rumit dari tubuh kumbang Bombardier. Anda lihat, dua bahan kimia, hidrogen peroksida dan hidroquinon, yang digunakan serangga ini untuk melukai musuh-musuhnya sangat berbahaya dan fatal. Jika tidak disimpan dan dikombinasikan dengan baik, bahan kimia ini akan menyebabkan kumbang Bombardier meledak! Kalau bukan karena tubuh mereka dirancang dengan baik, kumbang Bombardier tidak akan pernah ada. Pada bagian akhir perut serangga ini terdapat dua kelenjar. Kedua kelenjar ini memisahkan hidrogen peroksida dari hydroquinone . Jika kumbang Bombardier merasa terancam, otot sfingter akan menekan jumlah yang tepat dari bahan kimia tersebut ke bagian tubuh tertentu di mana mereka dicampur bersama-sama dengan zat beracun lainnya. Hasilnya adalah campuran panas bahan kimia beracun yang mampu menyakiti musuh lumbang Bombardier.

Comments

comments

 

 

Previous post:

Next post: