10 Tempat Angker di Bandung

October 2, 2013

Ibu Kota Provinsi Jawa Barat ini merupakan salah satu kota paling sejuk di Indonesia karena letaknya yang berada di dataran tinggi. Bandung juga merupakan kota tujuan wisata khususnya kuliner dan fashion, selain sebagai pusat pendidikan dengan Perguruan Tinggi ternama seperti ITB dan Universitas Padjajaran.

Namun sama halnya dengan kota-kota lain di Indonesia, Bandung juga memiliki cerita tentang tempat-tempat yang angker. Anda boleh percaya atau tidak, tapi tidak ada salahnya anda mencari informasi jika anda sedang berada di kota Bandung dan mengunjungi atau melewati salah satu dari tempat tersebut.

1. Tanjakan Emen Kabupaten Subang

tempat angker

Tempat ini terletak diantara kota Bandung dan Subang. Bagi anda yang sering mengunjungi daerah Lembang, anda mungkin tak asing dengan Tanjakan Emen. Di area ini sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban jiwa sehingga sebagian orang beranggapan bahwa Tanjakan Emen adalah daerah angker. Menurut cerita yang beredar di masyarakat Bandung, jika anda melewati tanjakan ini, anda harus melempar rokok ke jalan agar terhindar dari kecelakaan. Beberapa orang pernah mengalami hal aneh seperti kendaraan mogok karena tidak melempar rokok. Mereka mengaku melihat penampakan hantu anak kecil. Namun sebagian orang yang tidak mempercayai mengatakan kecelakaan disebabkan oleh bentuk jalan yang sulit untuk dilalui sehingga membutuhkan konsentrasi tinggi. Yah, silahkan anda mempercayai yang mana.

2. Jalan Cipaganti

cipaganti

Jalan Cipaganti merupakan salah satu jalan terindang di kota Bandung dengan pohon besar di kanan dan kirinya. Jalan ini juga cukup ramai dan merupakan jalan utama jika kita akan menuju daerah utara kota Bandung. Yang membuat jalan ini menjadi angker adalah adanya cerita mistis yang menyebutkan penampakan hantu pria tanpa kepala dengan kostum pendekar tempo dulu yang muncul sekitar tengah malam. Jika anda ingin mencobanya, silahkan melewati jalan ini sekitar pukul 1 tengah malam. Kebetulan di jalan ini juga terletak Radio Ardan yang sering menyiarkan cerita misteri.

3. SMA 5 Bandung

sma 5 bandung

Salah satu sekolah negeri favorit di Bandung yang berlokasi di Jalan Belitung no. 8 ini, memiliki gedung peninggalan masa kolonial Belanda. Cerita yang beredar di masyarakat mengatakan di gedung ini ada 3 buah jendela yang tidak pernah tertutup, dan ketika kita memutari bangunan tersebut sebanyak 3 kali, maka kita akan segera melihat penampakan hantu wanita berkebangsaan Belanda di jendela itu. Konon dahulu wanita yang bernama Nancy tersebut mati bunuh diri di gedung ini.

4. Rumah Ambulance

rumah ambulans

Rumah ambulance terletak di Jalan Bahureksa no. 15. Kenapa disebut rumah ambulance, karena di rumah ini terdapat mobil ambulance tua yang diparkir disana dalam keadaan tertutup oleh cover mobil. Cerita angker yang beredar di masyarakat adalah mobil ini suatu ketika pernah dipindahkan ke tempat lain namun dapat kembali lagi dengan sendirinya. Pernah juga waktu itu ada salah seorang kru yang kerasukan ketika mencoba memvideokan mobil ini ditambah lampu kameranya menjadi pecah. Namun versi lain mengatakan bahwa dahulu tempat ini adalah tempat prostitusi, dan untuk mengelabuinya disebarkan cerita hantu ambulance. Bagi anda yang pernah menonton film ‘Hantu Ambulance’ yang diperani oleh Suzanna, ternyata film ini terinspirasi oleh cerita rumah ambulance.

5. Patung H.C.Verbraak

patung hc verbraak

H.C. Verbraak adalah seorang pastor berkebangsaan Belanda yang bertugas di beberapa daerah di Indonesia sekitar tahun 1870. Suatu ketika ia terlibat kecelakaan pesawat yang langsung merenggut nyawanya di lokasi di mana patung tersebut berada. Saat ini daerah itu bernama Taman Maluku. Ia kemudian dikuburkan di tempat yang sama persis di tempat kecelakaan tersebut terjadi. Setelah beberapa lama, diatas pusaranya kemudian dibangun patung dirinya untuk mengenang. Keangkeran muncul ketika beberapa penduduk mengaku pernah melihat patung perunggu setinggi 4 meter tersebut bergerak dengan sendirinya. Anda boleh percaya atau tidak.

6. Museum Pos Indonesia Bandung

museum pos indonesia

Anda pasti sudah mengenal Gedung Sate, salah satu ikon kota Bandung. Nah, Museum Pos Indonesia ini letaknya persis di belakang Gedung Sate. Nama museum saja kadang-kadang membuat kita merinding, apalagi ditambah bentuk gedungnya yang merupakan peninggalan bersejarahan membuat tempat ini terkesan angker, apalagi di malam hari. Apa yang membuat museum ini menyeramkan adalah patung-patung yang tersimpan di ruang bawah tanah yang jika diperhatikan seolah-olah sedang menatap kita. Konon katanya di malam hari patung-patung tersebut bisa bergerak sendiri. Tidak percaya? Silahkan coba anda berkunjung di malam hari.

7. ITB Bandung

itb bandung

Salah satu perguruan tinggi terkenal sekaligus tertua di kota Bandung dengan gedung-gedung lamanya yang terkesan angker. Dikelilingi oleh pohon-pohon yang besar sepanjang jalan semakin menambah kesan angker perguruan tinggi ini. Institut Teknologi Bandung yang dibangun pada tahun 1920, memiliki banyak cerita horor yang diturunkan dari generasi ke generasi mahasiswa. Beberapa cerita horor yang terkenal adalah hantu muka rata yang berlokasi di aula barat dan hantu yang terjatuh dari lantai atas gedung PAU dengan kondisi mengenaskan.

8. Jalan Tamansari (Depan ITB)

jalan tamansari

Jalan ini ketika siang cukup ramai oleh lalu lalang kendaraan, namun ketika hari gelap, jalan ini mulai terasa angker karena penerangan jalan yang tidak memadai dan jumlah kendaraan yang melintas jalan ini berkurang drastis. Sebagaimana telah disebutkan pada poin 7 diatas, jalan ini pun memiliki pohon-pohon yang besar di sepanjang jalan sehingga semakin menambah keangkeran. Sebagian masyarakat Bandung mempercayai jika ingin melintasi jalan ini pada malam hari jangan sendiri, karena sosok hantu wanita akan menemani. Ingin mencobanya?

9. Pohon di Jalan Siliwangi

pohon siliwangi

Ada 2 versi cerita angker yang beredar di Jalan Siliwangi ini. Versi pertama adalah dahulu pada tahun 1981 ada seorang gadis kecil yang meninggal karena tertabrak di depan sebuah pohon besar. Dipercayai, agar arwahnya tidak mengganggu maka warga kemudian menaruh boneka yang tergantung di ranting pohon tersebut. Cerita kemudian berkembang dimana beberapa warga pernah melihat hantu menyerupai boneka melintas di tengah jalan. Versi kedua mengatakan terdapat sosok hantu wanita dengan muka yang hancur sambil membawa sebuah boneka. Mana yang benar silahkan anda sendiri yang membuktikan.

10. Taman IR.H juanda

taman hutan

Taman Ir. H. Juanda atau lebih dikenal dengan kawasan Dago Pakar adalah sebuah kawasan wisata dimana didalamnya terdapat dua buah gua, yaitu gua Jepang dan gua Belanda. Cerita yang beredar di masyarakat adalah ketika kita memasuki kawasan ini sangat dilarang menyebut kata ‘lada’ (bahasa Sunda), yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah pedas. Konon dahulu di tempat ini menjadi tempat pembantaian para tentara, sehingga ketika anda menyebut kata tersebut, maka anda akan melihat penampakan hantu prajurit masa penjajahan dahulu. Silahkan anda percaya atau tidak. Bukankah cerita hantu muncul karena proses meninggal yang tidak wajar?

Comments

comments

 

 

Previous post:

Next post: