11 Kontes Kecantikan Teraneh di Dunia

January 22, 2014

1. Miss Drumstick

kontes kecantikan

Dalam kontes kecantikan yang dirayakan setiap tahun sebagai bagian dari festival tahunan Turkey Trot ini, para wanita Yellville, Arkansas memamerkan kaki mereka sementara wajah mereka disembunyikan di balik topeng kalkun. Mereka kemudian berparade di sekitar untuk mendapatkan hadiah, dimana hadiahnya termasuk menjadi tamu dalam acara The Late Show with David Letterman.

2. Miss Beautiful Ape

kontes kecantikan

Pada bulan Juni 1972, tokoh Radio dan TV Gary Owens menyelenggarkan kontes “Miss Beautiful Ape” di Century City yang bertepatan dengan rilis Conquest of the Planet of the Apes, film keempat dalam franchise Planet of the Apes. Pemenangnya, Dominique Green, kontestan No 2, kemudian mendapatkan peran dalam Battle for the Planet of the Apes, film kelima dari serial tersebut.

3. Miss Perfect Posture

kontes kecantikan

Ketika para ahli tulang dari seluruh negeri turun ke Chicago untuk mengadakan konvensi selama seminggu pada bulan Mei 1956, mereka menyelenggarakan kontes kecantikan. Para juri kemudian menobatkan Lois Conway, 18 tahun, sebagai Miss Correct Postur. Tempat kedua jatuh ke tangan Marianne Caba, 16 tahun, dan Ruth Swenson, 26 tahun, berada di posisi ketiga.

Namun, ini bukan kontes kecantikan biasa. Ketiganya dipilih bukan hanya dilihat dari kecantikan luar semata, namun juga dari foto sinar-X atas postur tubuh mereka. Setiap gadis berdiri di atas sepasang timbangan – satu kaki pada masing-masing timbangan – dan pemenangnya adalah mereka yang memiliki berat yang sama atau yang paling mendekati pada kedua timbangan tersebut, yang mengkonfirmasikan bahwa salah satu dari gadis tersebut berdiri dengan postur tubuh yang benar.

Pada saat itu, kontes seperti ini cukup umum. Kontes ini diadakan untuk meningkatkan reputasi dari profesi tersebut.

Kontes ini pertama kali diadakan pada tahun 1920-an, namun mulai terkenal di tahun 50 sampai 60-an. Para kontestan akan dinilai berdasarkan kecantikan, ketenangan, postur, dan sinar-X untuk mengevaluasi struktur tulang belakang mereka.

Tapi kontes ini mulai memudar ketika para ahli tulang mendapatkan lisensi mereka. Kontes besar terakhir diadakan di Chattanooga, TN pada tahun 1969.

4. Miss Trans Brazil (Dimana Pemenang Mendapatkan Operasi Perubahan Kelamin Secara Gratis)

kontes kecantikan

Ketika para kontestan naik ke panggung berbalut bikini merah muda dalam kontes kecantikan yang diselenggarakan di Theatre João Caetano Rio de Janeiro, figur mereka yang menawan mengundang tepuk tangan yang meriah dan sorak-sorai dari para penonton yang bersemangat.

Siulan dan teriakan kekaguman bukan saja diperuntukkan untuk lekuk tubuh feminim para model tersebut, namun juga untuk kaki mereka yang jenjang dan indah. Dengan memamerkan tubuh mereka, para kontestan membuat pernyataan tegas bahwa mereka bangga menjadi waria dan transeksual, karena mereka semua lahir sebagai laki-laki.

Namun, itu bukan aspek yang paling kontroversial dari Miss Trans Brasil 2013.

Untuk pertama kalinya, penyelenggaranya yaitu Asosiasi Transgender untuk Negara Bagian Rio de Janeiro (RIO ASTRA), menawarkan pemenang operasi transeksual dari laki-laki ke perempuan di Thailand secara gratis. Hadiah ini menimbulkan kontroversi mengingat operasi berganti kelamin adalah tindakan melawan hukum di Brasil.

Acara ini disponsori oleh Dinas Sosial Pemerintah dan Departemen Hak Asasi Manusia sebagai bagian dari kampanye untuk memerangi kekerasan homophobic di negara itu.

5. Miss Pinup

kontes kecantikan

Lupakan bikini – berikut ini adalah kontes kecantikan yang merayakan kemewahan dan keanggunan gaya 1950-an. Para Miss Pinup Australia pemula ini menghindari pendekatan gaya berpakaian dalam kontes kecantikan modern, bahkan mereka menampilkan gaya berbusana seperti tampak dalam episode Mad Men.

Finalis NSW Scarlette Rose, 25 tahun, mengatakan bahwa dia tertarik pada tampilan klasik dan feminitas dari pakaian, makeup, dan gaya rambut di era tersebut. “Saya suka merawat pada cara saya menampilkan diri dan menempatkan sedikit usaha pada cara saya berpakaian,” katanya.

“Sangat feminim dibandingkan dengan apa yang ada saat ini.”

6. Miss Bobbed Hair

kontes kecantikan

Rambut model bob dan gaun longgar melambangkan “Raungan Era Duapuluhan”. Wanita-wanita dari penjuru negeri memotong rambut mereka dengan gaya bob sekaligus membuang korset dan pakaian konservatif mereka untuk gaun boxy yang longgar dengan lingkar pinggang yang turun. Kecenderungan ini begitu populer sehingga, pada tanggal 27 Februari 1925, Coral Gables di Florida memutuskan untuk mengadakan kontes kecantikan. Para wanita dinilai pada salah satu faktor utama yaitu rambut mereka. “Miss Bobbed-Hair” mewujudkan “Raungan Era Duapuluhan” dengan rambut cepat dan pendek, serta pendekatan modern untuk feminitas.

7. Miss Jail

kontes kecantikan

Di negara yang terkenal dengan keindahannya – baik alam maupun manusia – diperlihatkan, bahkan para pembunuh yang dihukum di Brasil tetap sedap dipandang mata. Sebuah penjara di Recife, sebuah kota di negara bagian Pernambuco, baru-baru ini mengadakan kontes kecantikan perdananya, yaitu Miss Jail, bergabung dalam daftar global yang terus meningkat untuk kontes kecantikan di balik jeruji besi.

Dua belas kontestan dinilai untuk kecantikan, pengetahuan umum, dan catatan perilaku baik mereka. Pemenang pertama akan mendapatkan hadiah sekitar $ 1.000 dalam bentuk tunai, disimpan dalam rekening bank penjara milik pemenang. Pemenang Miss Jail 2011 adalah pembunuh berusia 19 tahun, Rebecca Rhaysa Suelen Guedesin.

Miss Jail adalah tren terbaru yang sedang berkembang akhir-akhir ini. Kontes kecantikan dalam penjara juga telah diselenggarakan di kota Brasil Rio de Janeiro, serta di Rusia, Kolombia, dan Lithuania.

8. Miss Hooker

kontes kecantikan

Pertama-tama, ini bukanlah apa yang ada di pikiran kotor anda. Acara ini – meskipun dengan judul yang provokatif – adalah perayaan seni, bakat, dan … sedikit berkilau pada steroid. Pada Jumat, 30 Maret, 2012 di Los Angeles, Corey Helford Gallery dengan bangga mempersembahkan kontes kecantikan para pelacur (Natalia Fabia’s 2012 Hooker Beauty Pageant) di Dragonfly Bar, Hollywood. Acara dipandu oleh Brian Posehn, dengan juri Dave Navarro, Traci Lords, dan Alexis Arquette.

Menurut pengamat pelacur dan figur artist Natalia Fabia, kata “pelacur” bisa didefinisikan secara rendah sebagai “seseorang yang menjual bakat, kemampuan, atau nama untuk uang, (tetapi dapat juga berarti), kuat, berbakat, tangguh, berwarna, wanita mandiri, stylish, dan indah.” Kontes ini adalah sebuah platform yang diprakarsai oleh Fabia untuk menyoroti wanita sesungguhnya dalam musik dan seni Hollywood. Acara-acara banyak melibatkan improvisasi serta mengagumi keindahan, otak dan otot.

9. Miss Atomic Bomb

kontes kecantikan

Nevada menjadi pusat perhatian bangsa selama tahun 1950 setelah Presiden Harry S. Truman meresmikan daerah seluas 680 mil persegi untuk uji coba senjata termasuk bom nuklir. Setiap ledakan atom membuat minat masyarakat semakin meningkat, sampai-sampai penduduk Amerika di seluruh negeri menyaksikan ledakan bom atom pertama yang disiarkan di televisi pada tahun 1952. Demam bom atom mulai menyusup pada setiap aspek masyarakat, mulai dari barang-barang rumah tangga sampai tim sepak bola menamakan diri mereka “Atom”.

Terinspirasi oleh fenomena bom atom tersebut, Las Vegas memutuskan untuk menggabungkan dua atraksi utama – bom atom dan gadis penari – menjadi kontes kecantikan. Gadis pin-up atom pertama atom, Candyce King, muncul pada tanggal 9 Mei 1952 di “Evening Telegraph” ( Dixon , Illinois ) dan koran “Day Record” (Statesville, North Carolina). Ia dijuluki “Miss Atomic Blast.” Pada musim semi tahun 1953, kota North Las Vegas memilih Paula Harris sebagai Miss North Las Vegas tahun 1953 dan memberinya julukan “Miss A-Bomb . ”

Mungkin “Miss Atomic Bomb” yang paling terkenal adalah Copa Showgirl Lee A. Merlin. Ia dinobatkan, bertepatan dengan Operasi Pumbbob, sambil mengenakan kapas awan jamur di bagian depan baju renangnya. Foto oleh Don English yang menjadi terkenal ini kemudian didistribusikan secara nasional. Ia sekaligus menjadi “Miss Atomic Bomb”
yang terakhir.

10. Miss Holocaust Survivor

kontes kecantikan

Pada tahun 2012, sambil menangis dan melambai, 14 wanita yang selamat dari kengerian Perang Dunia II diarak dalam sebuah kontes yang tidak biasa, bersaing untuk dinobatkan sebagai “Miss Holocaust Survivor” Israel yang pertama. Diadakan oleh penyelenggara sebagai perayaan karena selamat dari kematian, acara ini juga memicu kontroversi . Di negara di mana jutaan telah tersentuh oleh Holocaust (pemusnahan ras), banyak yang berpendapat bahwa menilai penampilan fisik wanita yang telah menua dan telah menderita begitu banyak, adalah sesuatu yang tidak pantas, dan bahkan ofensif.

Penyelenggara kontes, Shimon Sabag, menolak kritik tersebut dengan mengatakan bahwa para pemenang dipilih berdasarkan kisah-kisah pribadi mereka untuk bertahan hidup dan membangun kembali kehidupan mereka setelah perang. Kecantikan fisik hanyalah bagian kecil dari kompetisi .

Hampir 300 perempuan dari seluruh Israel terdaftar untuk kompetisi dan kontestan kemudian dipangkas menjadi 14 finalis. Para wanita, dengan usia mulai 74-97 tahun, jelas menikmati diri mereka sendiri. Mengenakan gaun hitam, anting-anting, kalung, dan selendang bernomor, mereka diperkenalkan kepada penonton yang memujanya . Musik dimainkan ketika kontestan berjalan di sepanjang karpet merah, memperkenalkan diri, dan menggambarkan kenangan mereka selama Perang Dunia II .

11. Miss Dairy Cow

kontes kecantikan

Kontestan berpose dengan sapi perah selama kontes kecantikan Miss Dairy Cow di Shuozhou, Provinsi Shanxi.

Comments

comments

 

 

Previous post:

Next post: