12 Fakta Menakjubkan Tentang Mimpi

October 14, 2013

Mimpi selalu menjadi daya tarik sejak dahulu kala. Dikatakan bahwa terdapat penerjemah mimpi di pengadilan raja-raja pada awal peradaban manusia. Namun, pada 1800-an bapak psychoanalysis Sigmund Freud dan kemudian, penggantinya Carl Jung, merevolusi dunia mimpi. Sejak saat itu banyak yang telah dipelajari di bidang ini, namun mimpi tetap mengejutkan kita dengan makna dan interpretasi bervariasi setiap kali kita mengalaminya.

Beberapa fakta yang paling menarik tentang mimpi dan mungkin mengejutkan kita bisa dilihat di bawah ini.

1. Ketika bermimpi kita mengalami lumpuh sementara

tentang mimpi

Tidak banyak dari kita menyadari bahwa kita menjadi lumpuh sementara di dunia mimpi. Hal ini dapat dikaitkan dengan fakta bahwa kadang-kadang kita mungkin begitu tersentuh dengan mimpi dramatis tertentu seperti jatuh dan menyakiti diri kita sendiri, sebagai respon alami tubuh masuk ke dalam keadaan tidak aktif sementara secara fisik.

2. Kita dapat mengendalikan mimpi kita

tentang mimpi

Dikenal juga sebagai “Lucid dreaming”, yaitu suatu fase dimana seseorang dapat mengontrol mimpi mereka. Dengan demikian, ia juga dapat memanipulasi mimpinya dan bahkan hasilnya! Fakta lain yang menarik tentang mimpi ini adalah bahwa seseorang dapat merasakan sesuatu hal seolah-olah telah terjadi sebelumnya di dalam hidup mereka.

3. Mimpi dapat menyebabkan penggabungan

tentang mimpi

Seberapa sering kita bermimpi kita lapar atau haus, atau melakukan suatu tindakan berulang dalam tidur kita sampai kita terbangun dan melakukan aktivitas tersebut? Kadang-kadang orang bisa bermimpi minum segelas air hanya untuk bangun dan menjadi sangat haus!

4. Mimpi berbicara dalam bahasa tidak langsung

mimpi

Mimpi tidak pernah menggunakan simbol-simbol untuk menyampaikan sesuatu. Banyak penelitian telah dilakukan dan buku telah ditulis pada simbol-simbol mimpi dan interpretasinya. Mimpi membawa arti yang mendalam dimana hanya pikiran bawah sadar saja yang dapat mengerti.

5. Mimpi sangat sulit untuk diingat

tentang mimpi

Seringkali ketika kita bangun di pagi hari kita gagal untuk mengingat bahkan satu kejadian tunggal dari mimpi kita pada malam hari. Sebuah fakta yang aneh, namun mimpi hampir selalu dilupakan, kecuali jika seseorang tiba-tiba terbangun oleh karena mimpinya.

6. Kita cenderung untuk bermimpi hal-hal terlarang

mimpi

Fakta lain yang mengejutkan tentang mimpi adalah kita sering bermimpi hal-hal yang dilarang untuk dilakukan. Seseorang yang dilarang makan cokelat dapat bermimpi sedang makan coklat dengan lahap. Bahkan kondisi medis dan gangguan psikologis dapat memiliki efek langsung terhadap mimpi!

7. Beberapa orang hanya bermimpi dalam warna hitam putih.

mimpi

Beberapa orang bermimpi dalam hitam putih sementara sekitar 70% orang memiliki mimpi yang berwarna. Mimpi tertentu yang sangat umum untuk beberapa orang adalah seperti gagal ujian, bangun terlambat untuk ujian, mimpi yang berhubungan dengan sekolah seseorang, melihat orang mati yang hidup dalam kehidupan nyata, dikejar oleh seseorang dll. Penelitian sedang dilakukan untuk menunjukkan relevansi warna dan urutan berulang dalam mimpi.

8. Tidur terganggu dapat menyebabkan psikosis

tentang mimpi

Tidur dan bermimpi yang kita alami sangat penting untuk hidup sehat. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan melibatkan siswa yang dibangunkan pada awal tahap tidur mereka, tercatat bahwa siswa menjadi mudah tersinggung, banyak halusinasi, dipengaruhi oleh psikosis dan akhirnya tertarik dalam segala hal yang mereka lakukan. Jadi tidur malam yang baik dikombinasikan dengan bermimpi teratur adalah cara tubuh kita tetap sehat juga!

9. Orang yang tunanetra bermimpi juga

mimpi

Sangat menarik, orang-orang yang terlahir buta mengaku hanya bermimpi yang melibatkan bau, suara atau sentuhan, sedangkan orang-orang yang buta setelah lahir mengatakan bahwa mereka juga melihat mimpi sama halnya dengan orang normal melalui visi.

10. Begitu juga dengan hewan

mimpi

Penelitian telah menunjukkan hewan khususnya mamalia bermimpi persis sama dengan cara yang manusia alami. Jadi, hewan peliharaan anda mungkin bermimpi sepanjang malam tanpa anda mengetahui tentang hal itu.

11. Anak-anak mengalami mimpi buruk lebih banyak dibanding orang dewasa

tentang mimpi

Telah diteliti dan dipelajari secara luas bahwa anak-anak mengalami mimpi buruk lebih banyak dari orang dewasa.

12. Beberapa penemuan besar pertama kali digagas saat tidur

tentang mimpi

Meskipun kita cenderung melupakan 90% dari mimpi kita begitu kita bangun, banyak ilmuwan besar telah membuat penemuan dalam mimpi mereka dan menulisnya di atas kertas saat mereka bangun. Newton, Graham Bell dan bahkan beberapa penyair telah mendapatkan inspirasi dari mimpi.

Comments

comments

 

 

Previous post:

Next post: