12 Fakta Tentang Indonesia yang Dapat Dibanggakan

August 17, 2013

Menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang ke-68, kami sengaja menyajikan artikel dengan tema kebanggaan, dengan harapan kita sebagai bangsa Indonesia semakin mencintai tanah air ini.

Meskipun masih memiliki banyak masalah dan tertinggal dari negara-negara maju seperti AS atau negara-negara Eropa barat pada umumnya, Indonesia masih dianggap sebagai salah satu area yang paling penting di dunia. Berikut adalah bukti-bukti yang bisa dibanggakan oleh negara Indonesia :

1. Manusia purba tertua di dunia, Pithecanthropus Erectus, ditemukan di Indonesia, berusia sekitar 1,8 juta tahun yang lalu.

manusia purba indonesia

2. 20% gas alam cair di dunia diproduksi di Indonesia dan Indonesia adalah pemasok terbesar di seluruh dunia.

gas alam cair indonesia

3. Dalam hal terumbu karang yang paling luas, Indonesia adalah yang terkaya di dunia. Memiliki sekitar 18% dari total terumbu karang di seluruh dunia.

terumbu karang indonesia

4. Indonesia memiliki spesies ikan hiu yang terbesar, diperkirakan berjumlah sekitar 150 spesies.

hiu indonesia

5. Indonesia memiliki keanekaragaman hayati anggrek terbesar di dunia. Ada sekitar enam ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak memiliki daun). Koleksinya juga termasuk anggrek hitam, yang sangat langka dan hanya dapat ditemukan di Papua.

anggrek indonesia

6. Indonesia memiliki hutan mangrove terbesar di dunia. Manfaat utama dari mangrove adalah untuk mencegah erosi oleh air laut.

hutan mangrove indonesia

7. Indonesia memiliki satu-satunya naga purbakala yang disebut Komodo, yang dapat ditemukan di Nusa Tenggara Timur (NTT).

komodo indonesia

8. Indonesia memiliki bunga terbesar di dunia yang bernama Rafflesia Arnoldi, dimana diameternya dapat mencapai 1 meter ketika mekar.

bunga rafflesia indonesia

9. Candi Borobudur yang dibangun pada abad 9 Masehi dan berlokasi di Jawa Tengah, pernah masuk dalam daftar 7 keajaiban dunia.

candi borobudur indonesia

10. Indonesia memiliki primata terkecil di dunia yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius pumilus), atau juga dikenal sebagai Tarsier Gunung, yang panjangnya hanya 10 cm. Hewan ini terlihat seperti monyet dan tinggal di pohon yang ditemukan di Sulawesi.

primata terkecil indonesia

11. Indonesia memiliki ular terpanjang di dunia yang disebut Python Reticulates, yang panjangnya mencapai 10 meter dan dapat ditemukan di pulau Sulawesi.

ular python indonesia

12. Indonesia memiliki ikan terkecil di dunia bernama Paedocypris progenetica, dengan panjang 7,9 mm dan ditemukan di rawa berlumpur di Sumatera.

tentang indonesia

Sepuluh fakta unik lainnya tentang Indonesia :

fakta 1
Indonesia adalah negara yang luas. Dibutuhkan lebih dari 12 jam waktu terbang ujung timur dari Sumatera Utara sampai ujung barat dari Irian Jaya.

fakta 2
Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, terdiri dari 28 ribu pulau. Namun hanya enam ribu pulau yang dihuni.

fakta 3
Pulau Irian adalah pulau terbesar di dunia.

fakta 4
Pada tahun 1815 letusan Gunung Tambora yang berada di Pulau Sumbawa merupakan letusan gunung berapi yang paling kuat di dunia dalam sejarah. Letusan ini mempengaruhi iklim di seluruh dunia dan dikenal sebagai “tahun tanpa musim panas”.

fakta 5
Sebuah letusan gunung berapi menghancurkan Pulau Krakatau di Indonesia pada tahun 1883. Hal ini juga mengakibatkan gelombang pasang di mana lebih dari tiga puluh ribu orang tewas.

fakta 6
Indonesia adalah bagian dari cincin api yang mencakup sekitar 75% dari gunung berapi di dunia.

fakta 7
Fosil-fosil Homo erectus “manusia Jawa” telah ditemukan di Sangiran dan Surakarta , Jawa Tengah yang menunjukkan bahwa daerah ini dihuni dari 500.000 – 2 juta tahun yang lalu.

fakta 8
Orang-orang Eropa berangkat ke Indonesia sebagai bagian dari pencarian mereka terhadap rempah-rempah yang merupakan komoditi sangat berharga di negara asal mereka. Salah satu orang Eropa pertama yang mengunjungi Indonesia adalah Marco Polo.

fakta 9
Indonesia merupakan salah satu produsen terbesar pala dan cengkeh di dunia. Indonesia juga adalah pengekspor terbesar kayu lapis, yang menyuplai 80% kebutuhan dunia.

fakta 10
Khatulistiwa memotong tepat di pulau Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan pulau-pulau kecil lainnya yang terletak di tengah-tengah negara ini. Garis khatulistiwa adalah tempat wisata yang sangat populer.

Comments

comments

 

 

Previous post:

Next post: