5 Makanan Untuk Meningkatkan Daya Ingat Anda

January 26, 2014

Seni daya ingat, atau Ars Memorativa dalam bahasa Latin, telah membuat manusia terkagum-kagum. Sejak era Yunani kuno, para kaum terpelajar telah menerapkan sejumlah teknik mental untuk melatih pikiran mereka sehingga dapat menyimpan catatan mengenai pengetahuan manusia. Namun pada saat ini, rasanya banyak sekali hal yang harus kita ingat. Bukan hanya karena jumlah pengetahuan meningkat secara pesat, namun karena setiap dari kita diharapkan untuk mengingat banyak hal memusingkan hingga detil terkecil. Dari mulai mengingat rute hingga password yang terdiri dari tujuh angka, dan nomor PIN; kita menggunakan daya ingat kita lebih besar dibandingkan biasanya. Namun tidaklah mengejutkan bahwa orang-orang jaman dahulu bersedia membagikan pengetahuan mereka agar kita memiliki daya ingat yang baik.

Berikut ini merupakan 5 makanan yang bermanfaat bagi daya ingat yang telah diakui oleh ilmu pengetahuan dan direferensikan sejak jaman dahulu.

Pertama: HERBAL

makanan peningkat daya ingat

Salah satu tanaman herbal untuk meningkatkan daya ingat adalah rosemary. Bahkan moto dari tanaman tersebut adalah “rosemary untuk daya ingat”, dan sekarang dunia ilmu pengetahuan modern memahami alasannya. Rosemary memiliki kandungan anti-oksidan yang kaya, asam carnosic yang melebarkan jaringan vascular otak. Penelitian menunjukkan bahwa aroma rosemary dapat meningkatkan daya ingat bagi pekerja kantoran. Tanaman herbal lain yang dapat membantu diantaranya 3G: ginko, ginseng, dan gotu kola. Tidak ada yang benar-benar memahami bagaimana ketiganya bekerja namun ketiganya menstimulasi sel-sel otak.\

Kedua: TEH

makanan peningkat daya ingat

Makanan lain yang memiliki sejarah panjang dan memiliki banyak manfaat terhadap otak biasanya disajikan dalam bentuk minuman yaitu teh. Sekitar 5000 tahun yang lalu, penemu teh dan kaisar Cina Shen Nung menemukan bahwa kombinasi dari dedaunan liar di air panas menghasilkan sebuah minuman yang menyegarkan. Ia menyebutnya ‘cha’ yang berasal dari bahasa Cina yang berarti ‘menyelidiki’; kata yang kita kenal pada saat ini sebagai ‘chai’ atau teh. Manfaat teh mungkin bersumber dari kombinasi antara anti-oksidan dengan kafein. Menurut sebuah penelitian di University of Limburg di Belanda, “efek terpenting dari sifat antagonis adenosine yang terkandung di kafein dapat meningkatkan fungsi kognitif, terutama daya ingat.” Antioksidan yang terkandung dalam teh disebut polyphenols yang telah berulang kali terbukti meningkatkan fungsi kognitif dan daya ingat. Teh juga mengandung asam amino yang menenangkan yang disebut theanine yang mengurangi ketegangan dan menjaga pikiran agar tetap rileks dan focus. Mungkin berita terbaik adalah teh memiliki kandungan polyphenols 10 kali lebih besar dibandingkan yang ditemukan di buah-buahan dan sayuran.

Tiga: BUAH-BUAHAN DAN SAYURAN

makanan peningkat daya ingat

Jangan lupakan buah-buahan dan sayuran. Manusia tidak dapat hidup (atau mengandalkan) hanya pada herbal dan teh saja; kita membutuhkan makanan. Satu hal yang perlu anda ingat tentang makanan yang meningkatkan daya ingat adalah warna. Anda membutuhkan buah-buahan dan sayuran berwarna merah, biru, dan hijau. Apel mengandung quercetin yang melindungi anda dari kehilangan daya ingat. Bluberry (dan bit merah) memiliki antioksidan dalam jumlah besar yang disebut anthocyanin yang memiliki fungsi yang sama. Bawang merah dan anggur mengandung kedua zat tersebut. Terong ungu (gabungan antara warna merah dan biru) adalah makanan yang kaya akan nasunin yang melindungi lipid pada jaringan otak. Sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli, bayam, kubis, dan selada mengandung banyak asam folic yang dalam sejumlah penelitian terbukti mencegah dan memulihkan kehilangan daya ingat.

Empat: IKAN & KACANG

makanan peningkat daya ingat

Ingin menyantap sushi? Asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan (dan kacang-kacangan) sangatlah bermanfaat bagi otak. Binatang laut seperti mackerel, herring, belut, dan tuna sangatlah kaya akan phosphatidylserine. Anda tidak perlu mengingat seluruh nama-nama kimiawi ini, anda hanya perlu ingat bahwa ikan dan kacang-kacangan mengandung nutrisi yang tidak diproduksi oleh tubuh, sehingga kita perlu mengkonsumsinya dalam jumlah banyak.

Lima: MAKANAN PENCUCI MULUT

makanan peningkat daya ingat

Madu merupakan pemanis yang telah dinikmati oleh setiap kebudayaan dalam sejarah. Produk pemanis yang diproduksi oleh lebah yang berasal dari bunga telah digunakan selama ribuan tahun pada makanan, obat-obatan, dan bahkan agama. Saat ini, berdasarkan penelitian oleh University of Waikato di Selandia Baru, madu mungkin akan dipasarkan sebagai sumber nutrisi bagi otak. Penelitian ini menyebutkan bahwa diet gula dengan menggunakan madu dapat menurunkan rasa cemas dan meningatkan daya ingat. Alasan yang sangat baik untuk tidak melewatkan makanan pencuci mulut.

Usulan ini mungkin tidak akan direkomendasikan secara ilmiah, namun secangkir teh dan satu potong baklava berlapis madu (tentunya yang kaya akan omega-3) mungkin merupakan makanan ringan yang sempurna setelah makan malam yang menyehatkan.

Secara keseluruhan, daya ingat yang baik bukan hanya berasal dari apa yang anda lihat dan dengar, namun juga dari apa yang anda makan.

Comments

comments

 

 

Previous post:

Next post: