8 Makanan Berbahaya Untuk Tubuh Anda

August 5, 2013

Banyak orang berpikir bahwa pola makan yang sehat adalah mengkonsumsi sejumlah kalori per harinya. Tapi pada kenyataannya adalah tidak hanya dari berapa banyak anda makan tapi juga dari kualitas makanan yang anda makan dan seberapa amankah makanan itu diproduksi. Lihatlah beberapa makanan berbahaya dibawah ini yang biasa anda makan, anda pasti akan terkejut oleh beberapa fakta tentang makanan ini!

1. Popcorn Microwave

makanan berbahaya

Para pekerja di pabrik popcorn microwave telah terjangkit kanker paru-paru yang sangat unik yang disebabkan oleh seringnya menghirup asap. Jika itu tidaklah cukup menjadi alasan untuk menghindari makanan ini, ini ada fakta lainnya: lapisan dari bungkus popcorn mengandung perflourooctanoic acid (PFOA), sebuah zat yang bisa menyebabkan kanker dan kemandulan. Dan juga, banyak sekali popcorn microwave mengandung lemak dan sodium yang buruk bagi kesehatan. Popcorn buatan rumah sebetulnya makanan yang menyehatkan, jadi sediakanlah itu untuk teman menonton film anda berikutnya.

2. Apel non-organik

makanan berbahaya

Tahun lalu, walaupun diragukan, apel memenangkan penghargaan sebagai buah yang memiliki kandungan pestisida terbanyak. Karena apel tidak begitu kuat terhadap hama, maka apel sering disemprot pestisida lebih banyak. Apel juga dilapisi dengan pestisida untuk memperpanjang ketahanan buah tersebut. Jika anda penyuka apel, selalu konsumsi apel organik atau jangan sama sekali. Tubuh anda akan berterima kasih pada anda.

3. Soda

makanan berbahaya

Beberapa penelitian telah menghubungkan konsumsi soda dengan besarnya resiko penyakit jantung, kanker, depresi, obesitas dan lainnya. Diet soda juga termasuk dalam daftar.

4. Keripik Kentang

makanan berbahaya

Banyak merk keripik kentang yang mengandung sodium dan lemak yang tidak terbayangkan jumlahnya, satu kemasan biasanya lebih dari kebutuhan dalam satu hari. Tapi tidak hanya masalah nutrisi yang harus diperhatikan, karena keripik kentang juga mengandung acrylamide, bahan kimia yang dapat meningkatkan resiko beberapa bentuk dari kanker dan kemandulan. Zat mengerikan ini bisa anda temukan juga pada kentang goreng.

5. Tomat Kaleng

makanan berbahaya

Disamping dari rasanya yang jauh lebih tidak lezat daripada tomat segar, tomat kaleng juga mengandung bisphenol-A (BPA) dalam bungkus kaleng mereka. BPA telah dihubungkan dengan penyebab terjadinya janin yang abnormal, penyakit jantung, obesitas, diabetes, gangguan kelenjar tiroid, dan bahkan kanker. BPA telah dilarang dalam penggunaan untuk botol bayi, dan larangan ini sudah disebarkan ke seluruh dunia. Anda bisa menemukan kandungan BPA hingga 50 mcg dari tomat kaleng, sifat asam yang terkandung pada tomat membuatnya semakin sulit untuk dikemas dibanding produk lain, sehingga alternatif yang aman masih sulit untuk ditemukan. Tapi cara terbaik adalah untuk menghindari mengkonsumsi produk tersebut, konsumsilah tomat segar, dan jika anda memang membutuhkan, lebih baik mengkonsumsi tomat yang disimpan dalam botol gelas.

6. Seledri non-organik

makanan berbahaya

Seledri adalah sayuran yang paling kotor, the Environmental Working Group telah menemukan banyak sekali pestisida pada makanan non-organik. Seperti apel, konsumsilah seledri organik, atau tidak sama sekali.

7. Susu dengan Hormon Buatan

makanan berbahaya

Banyak peternak menyuntikkan sapi-sapi mereka dengan hormon buatan sehingga mereka bisa memproduksi susu yang lebih banyak. Baik untuk posisi mereka, tapi tidak baik untuk kesehatan kita. Hormon-hormon ini akan memiliki kemungkinan besar untuk berubah menjadi hormon lain yaitu IGF-1 yang dianggap bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya kanker pada tubuh manusia. Carilah susu yang sudah diakui sebagai organik atau yang memiliki label “bebas rBGH” atau “bebas BST”.

8. Margarin

makanan berbahaya

Jika margarin tidak mengandung pewarna makanan, maka warna aslinya adalah keabu-abuan. Jika itu masih tidak cukup sebagai bukti, lalu apa lagi? Walaupun margarin sering dianggap lebih sehat dibandingkan mentega (karena tidak menyebabkan kolesterol), tapi sebetulnya margarin juga merupakan sumber dari lemak tak jenuh, dan hal ini tentu saja meningkatkan kolesterol anda. Dan inilah alasan kenapa anda lebih baik kembali mengkonsumsi mentega atau mungkin minyak zaitun.

Comments

comments

 

 

Previous post:

Next post: