Danau Indah Namun Mematikan

June 4, 2013

Pemandangan danau ini sungguh indah, namun dibalik keindahannya, danau-danau ini menyimpan misteri kematian yang sangat bervariasi di dalamnya. Banyak orang yang telah menjadi korban kenekatan di masa lalu.

1. Danau Mendidih (Boiling Lake)

danau indah

Danau Mendidih ini terdapat di Dominika. Sesuai namanya, danau ini berisi air yang sangat panas. Penyebabnya adalah retakan di dasar danau yang memancarkan gas panas dari lava cair di dalam tanah. Suhu air di danau ini mencapai 82-91.5 derajat Celcius. Hmm, seseorang bisa matang jika mencoba berada di dalamnya.

2. Danau Moboun

danau indah

Danau ini sudah terbukti membunuh banyak orang. Pada tahun 1984, Danau Moboun yang terletak di Kamerun ini mengeluarkan gas karbon dioksida yang berbahaya dan menewaskan 37 orang.

Beberapa waktu setelah itu, sebuah truk membawa 12 orang melewati danau dan tiba-tiba mesinnya berhenti. Beberapa orang yang keluar dari truk untuk memeriksa kondisi truk akhirnya mati. Hanya 2 orang selamat dari kecelakaan tersebut. Berani mencoba untuk melewati danau ini?

3. Danau Karachay

danau indah

Setelah digunakan sebagai tempat pembuangan limbah radioaktif selama beberapa dekade, Danau Karachay yang terletak di bagian barat Rusia menjadi salah satu tempat paling tercemar di dunia.

Jika anda berada di dekat danau selama 5 menit, maka anda bisa ‘memperoleh’ dosis radioaktif yang cukup mematikan. Jika anda lebih lama lagi, kira-kira 1 jam untuk berada di sana, maka anda mungkin akan terbunuh beberapa jam kemudian.

4. Danau Rakshastal

danau indah

Danau ini disebut juga ‘Danau Setan’, karena tidak ada mahluk hidup yang dapat tinggal di dalamnya. Penduduk setempat menganggap danau ini beracun. Jika ikan atau rumput laut saja tidak bisa hidup di sana … apalagi manusia?

5. Danau Kivu

danau indah

Danau ini tampak damai dan tenang, namun danau yang berlokasi di Rwanda ini ternyata dapat menjadi salah satu danau yang dapat meledakkan gas yang sangat berbahaya. Danau ini disebut mematikan karena mengandung lapisan karbon dioksida dan metana. Jika ada aktivitas vulkanik yang dapat memicu ledakan, maka 2 juta orang yang tinggal disekitarnya akan terancam.

6. Danau Mount Rainier Crater, Washington, Amerika Serikat

danau indah

Danau ini merupakan kawah di puncak gunung yang selalu ditutupi dengan es dan salju. Danau Crater hanya dapat dicapai melalui gua bawah tanah. Gas vulkanik yang ada di danau ini tergolong sangat berbahaya karena mengandung sulfur dioksida dan air asam sulfat.

7. Danau Mono, California, Amerika Serikat

danau indah

Danau Mono di California, dahulu kala digunakan untuk menjadi habitat yang cukup unik untuk sebuah ekosistem. Tidak ada ikan di danau ini, tetapi triliunan udang air asin dan lalat alkali tinggal di sana. Sampai tahun 1940-an, danau ini begitu menakjubkan.

Namun, setelah itu selama periode 1941-1990, sejumlah besar air di danau tersebut dipindahkan untuk keperluan perkotaan di Los Angeles. Akibatnya, Danau Mono kehilangan setengah volumenya, terjadi peningkatan salinitas hingga 2 kali lipat, dan menjadi danau alkali beracun yang mengandung karbon, klorida dan sulfat.

8. Danau Horseshoe, California, Amerika Serikat

danau indah

Danau Horseshoe berada di gunung berapi aktif dan sering disebut sebagai ‘pembunuh diam-diam’ (silent killer). Sekitar 20 tahun yang lalu, pohon-pohon di sekitar danau tiba-tiba mulai layu dan kemudian mati.

Awalnya, para ilmuwan berpikir pohon-pohon tersebut terserang penyakit. Tapi ternyata pohon-pohon telah terkena terlalu banyak karbon dioksida yang diserap oleh tanah. Pada tahun 2006, tiga korban meninggal akibat karbon dioksida yang tertimbun di gua dekat Danau Horseshoe.

9. Yellowstone, Amerika Serikat

danau indah

Keindahan Danau Yellowstone tidak perlu diragukan lagi. Tetapi para ilmuwan telah menemukan sebuah kubah di dasar danau yang memiliki kemungkinan untuk meledak karena hidrotermal. Ledakan itu pernah terjadi ribuan tahun yang lalu, dan mungkin terjadi lagi ketika dipicu oleh gempa bumi.

10. Danau Nyos

danau indah

Pada tahun 1986, Danau Nyos yang berlokasi di Kamerun meledak karena dipicu oleh gempa. Tiba-tiba awan besar karbon dioksida terbentuk dan membunuh ribuan orang dan hewan di kota-kota dan desa-desa sekitarnya.

Sampai saat ini, danau tersebut ini masih dicap berbahaya karena kurangnya penghalang alami.

Comments

comments

 

 

Previous post:

Next post: