Ini Dia Jamur-Jamur Yang Biasa Disantap

November 9, 2013

Jumlah jamur memang beragam. Anda bisa menemukan jamur di batang kayu yang lapuk atau di tempat-tempat lembab lainnya. Sebagian jamur bisa dikonsumsi (jamur pangan), sebagian lagi beracun. Anda perlu hati-hati jika berburu jamur sendiri karena sebagian jamur tidak layak dikonsumsi. Berikut ini sejumlah jamur yang aman dikonsumsi dan telah umum dikenal.

Jamur kancing

jamur

Jenis jamur ini paling banyak dibudidayakan di berbagai negara. Nama lainnya adalah jamur champignon (Agaricus bisporus). Seperti namanya, jamur ini mempunyai bentuk seperti kancing baju berbentuk bulat dan berwarna putih keruh. Dalam bahasa Inggris, jamur ini disebut sebagai common mushroom, table mushroom, white mushroom, atau cultivated mushroom. Jamur kancing sering digunakan dalam berbagai masakan dan tambahan berbagai macam makanan seperti pizza.

Jamur tiram

jamur

Jamur yang mempunyai nama latin Pleurotussp ini juga cukup banyak dibudidayakan. Di dunia, China adalah negara yang memproduksi jamur tiram (atau jamur hiratake) terbesar. Sementara itu, di Indonesia, budi daya jamur tiram mudah ditemukan di berbagai kota. Jamur ini menarik karena bentuknya lebar dan berwarna putih bersih. Namun, jenis jamur tiram lain ada yang berwarna merah muda, kelabu, dan cokelat. Jamur ini bisa diolah menjadi beragam jenis masakan, misalnya steak jamur, sate jamur, atau digoreng hingga garing.

Jamur merang

jamur

Jamur ini cukup populer di Indonesia. Jamur merang (Volvarielta volvaceae) mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional ataupun pusat perbelanjaan modern. Bentuk tudungnya bulat telur. Warnanya hitam keabuan. Meskipun sepintas terlihat tidak menarik, jamur ini lezat bila dimasak dengan cara ditumis bersama sayuran lain.

Jamur kuping

jamur

Jenis jamur ini juga cukup populer di Indonesia. Hanya saja, harganya relatif lebih mahal dibandingkan jamur tiram dan jamur merang. Jamur kuping biasanya terdiri dari jamur kuping putih (Tremella fuciformis), jamur kuping hitam (Auricularia polytricha), dan jamur kuping merah (Auricularia auricula-judae). Jamur ini mempunyai cita rasa yang kenyal seperti agar-agar, tetapi lebih keras.

Jamur shiitake

jamur

Nama latinnya adalah (Lentinus edodes). Jamur yang disebut juga sebagai chinese black mushroom ini banyak dikonsumsi dan diproduksi di Jepang, Korea Selatan, dan China. Saat mengunjungi gerai rumah makan Jepang, dengan mudah Anda akan menemukan jamur shiitake dalam sejumlah menu.

Jamur truffle

jamur

Jamur ini disebut-sebut sebagai jamur termahal di dunia. Selain cita rasanya yang unik, jamur ini termasuk jamur langka. Penggunaannya pun hanya sedikit dan umumnya dipakai sebagai taburan dalam sejumlah masakan Perancis. Misalnya foie gras.

Selain yang telah disebutkan, masih ada jenis jamur lain yang biasa dikonsumsi. Namun, jamur-jamur tersebut masih kurang populer di Indonesia. Di antaranya jamur enokitake atau jamur enoki (Flammullna velutipes), jamur maitake (Grifola frondosa) yang mengeluarkan aroma sedap ketika dimasak, serta jamur matsutake (Tricholoma matsutake (S.Ito et Imai) Sing.) yang terkenal sebagai jamur paling mahal di Jepang.

Comments

comments

 

 

Previous post:

Next post: