Masjid-Masjid Indah di Dunia

July 22, 2013

masjid indah

JEDDAH, ARAB SAUDI: Salah satu dari 1.300 masjid di Jeddah, kota kedua terbesar di Arab Saudi dan salah satu pintu gerbang utama ke Kota Suci Mekah.

masjid

PATTANI, THAILAND: Perempuan Muslim Thailand berdoa pada shalat pagi perayaan Idul Fitri di Masjid Pusat Pattani, provinsi selatan Pattani, Thailand. Masjid yang indah ini adalah yang terbesar di Thailand. Pattani merupakan salah satu dari empat provinsi di Thailand di mana mayoritas penduduk (88%) adalah Muslim Melayu.

masjid indah

MAZAR-E-SHARIF, AFGHANISTAN: Pria Afghanistan sedang shalat di Masjid Biru. Mazar-e-Sharif berarti “Noble Shrine”, sebuah julukan untuk masjid dengan ubin biru besar mengelingi kota yang dibangun.

masjid

BRUNEI: Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien di Bandar Seri Begawan, Brunei dianggap salah satu masjid terindah di Asia Pasifik dan menyatukan gaya arsitektur Italia dan Mughal. Dibangun pada masa Omar Ali Saifuddien III, Sultan ke-28 Brunei di tahun 1958, masjid mendominasi cakrawala Bandar Seri Begawan.

masjid indah

DAMASCUS, SYRIA: Sebuah dokumentasi foto di tahun 2005, menunjukkan seorang turis Jerman mengagumi menara Masjid Umayyah dari abad ke-8 di Damaskus, Suriah. Setelah penaklukan Arab di Damaskus pada 634, masjid ini dibangun di situs sebuah basilika Kristen yang didedikasikan untuk Yohanes Pembaptis, yang juga dihormati sebagai seorang nabi, Yahya, oleh umat Islam.

masjid indah

N’DJAMENA, CHAD: Masjid Central adalah sebuah bangunan yang menonjol di N’Djamena, ibu kota dan kota terbesar di negara Afrika tengah, Chad.

masjid

XINING, CINA: Kaum muslim menunggu untuk menghadiri shalat Jumat di tengah hujan di Masjid Dongguan, Xining, Cina. Masjid Dongguan merupakan masjid terbesar di Provinsi Qinghai. Dibangun pada tahun 1380, dan sekarang memiliki sejarah lebih dari 600 tahun. Masjid ini tidak hanya terkenal dengan arsitektur yang megah, tetapi juga sebagai pusat pendidikan agama dan sebagai lembaga pembelajaran tertinggi Islam.

masjid

LEEDS, INGGRIS: Masjid Grand Central tampak di atas daerah Burley, Leeds.

masjid indah

KAIRO, MESIR: Sebuah pemandangan halaman dalam Masjid Ibnu Tulun di Kairo, Mesir. Masjid yang dibangun oleh Ibnu Tulun, gubernur Abbassid Mesir 868-884, pada 876 AD ini adalah salah satu masjid terbesar di dunia dengan halaman dalam yang sangat besar, cukup untuk menampung sebagian besar pasukan beserta kuda mereka dan air mancur abad ke-13 di tengah-tengah halaman terus menyediakan air untuk wudhu sebelum shalat.

masjid

BERLIN, JERMAN: Masjid Khadijah di Berlin, Jerman dibangun oleh Muslim Ahmadiyah dan dibuka pada 2008. Ini adalah masjid pertama yang dibuka di Berlin.

masjid

HAMBURG, JERMAN: Anak-anak bermain di luar masjid Imam Ali-di Aussenalster di Hamburg, Jerman.

masjid indah

NEW DELHI, INDIA: Muslim India berdoa saat shalat subuh di Masjid Jama di New Delhi, India.

masjid

BANDA ACEH, SUMATRA, INDONESIA: Masjid Agung Baiturrahman, Indonesia, dirancang oleh seorang arsitek Italia dan dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda sebagai tanda rekonsiliasi karena kehancuran masjid tua tersebut selama perang Aceh. Selesai dibangun pada tahun 1879. Masjid ini selamat dari tsunami besar pada tahun 2004 yang menghancurkan sebagian besar kota Banda Aceh.

masjid

Isfahan, IRAN: Salah satu masjid yang menakjubkan di Isfahan, sebuah kota di Iran tengah yang dahulu merupakan ibukota Persia pada tahun 1598-1722.

masjid

BAGHDAD, IRAK: Muslim Syiah Irak berjalan di sekitar masjid suci Kadhimiya di Baghdad, Irak. Masjid Kadhimiya merupakan salah satu masjid utama bagi penganut Syiah.

masjid indah

AVIVIM, ISRAEL: Sebuah masjid di desa Lebanon Maroun el-Rass, Avivim, Israel utara.

masjid indah

JERUSALEM, ISRAEL: Burung terbang di atas Masjid Al-Aqsa dan Dome of the Rock, seperti yang terlihat dari lingkungan Yerusalem Timur, Silwan.

masjid

AMMAN, JORDAN: Masjid Raja Abdullah I di Amman, Yordania dibangun antara 1982 dan 1989.

masjid indah

ALMATY, KAZAKHSTAN: Para jamaah sedang berkumpul di luar Masjid Agung saat sholat jum’at di Almaty, republik Asia Tengah Kazakhstan. Selesai pada tahun 1999 setelah enam tahun konstruksi. Di bawah pemerintahan komunis Soviet, agama ditekan di Kazakhstan dan juga banyak negara lain dari bekas Uni Soviet.

masjid indah

BEIRUT, LEBANON: Masjid Mohammad Al-Amin ini terletak di Lapangan Martir di pusat kota Beirut. Kubahnya yang biru terinspirasi oleh Masjid Biru di Istanbul.

masjid indah

CASABLANCA, MAROKO: Masjid Hassan II merupakan masjid terbesar ketujuh di dunia. Berdiri di atas tanjung tanah reklamasi dengan menghadap ke arah Samudera Atlantik, masjid dapat menampung 105.000 jamaah untuk bershalat pada suatu waktu. Arsitektur masjid ini memiliki pengaruh Moor yang kuat dan mirip dengan Alhambra dan Masjid Agung Cordoba di Spanyol.

masjid

MUSCAT, OMAN: Masjid Besar Sultan Qaboos yang mengagumkan di Muscat, Oman, dibangun dari 300.000 ton batu pasir India. Butuh waktu enam tahun empat bulan untuk membangunnya, dan selesai pada tahun 2001. Masjid ini dapat menampung maksimal 20.000 jamaah termasuk ruang shalat yang terpisah untuk perempuan. Masjid Besar ini memiliki karpet shalat terbesar kedua di dunia.

masjid indah

ISLAMABAD, PAKISTAN: Masjid Faisal di Islamabad adalah masjid terbesar di Pakistan. Dinamai setelah Raja Saudi Faisal bin Abdul Aziz, yang membiayai pembangunannya.’

masjid indah

KAZAN, RUSIA: Masjid Qolsharif di Kazan Kremlin, Kazan, Rusia. Pada saat konstruksi aslinya di abad ke-16, diyakini sebagai masjid tertua di Eropa di luar Istanbul. Dinamakan setelah Qolsharif, seorang sarjana agama dan Imam Khanate Kazan, yang meninggal pada tahun 1552 saat membela masjid melawan pasukan Rusia Ivan ‘the Terrible’. Masjid ini kemudian dibangun kembali dan diresmikan pada tahun 2005.

masjid indah

ARAFAT, ARAB SAUDI: Peziarah muslim melakukan shalat siang di masjid Nimira di Arafat, di luar kota suci Mekkah, Arab Saudi. Para umat melakukan perjalanan ke Arafat, tempat yang dihormati oleh kaum muslim sedunia, sebagai puncak dari ritual haji. Gunung Arafat, dengan ketinggian sekitar 70 meter, adalah bukit granit di sebelah timur Kota Suci Mekkah. Orang beriman percaya bahwa di gunung tersebut Adam dan Hawa dipisahkan selama 200 tahun, dan kemudian bersatu kembali.

masjid indah

ISTANBUL, TURKI: Masjid Sultanahmet yang menjadi ikon di Istanbul, Turki, adalah sebuah karya peninggalan arsitektur Ottoman dan Bizantium.

Comments

comments

 

 

Previous post:

Next post: