Ngerinya Tumpukan Sampah di Indonesia

August 26, 2013

Dikatakan bahwa sampah adalah musuh bersama bagi semua makhluk hidup. Betulkah? Rasanya tidak bagi manusia. Sebagai penghasil limbah terbesar di antara makhluk hidup lainnya, seharusnya manusia memiliki peranan penting juga dalam mengelola limbah tersebut. Sayangnya, sampai saat ini manusia masih sulit untuk dipisahkan dari tumpukan sampah yang menggunung. Bahkan semakin hari semakin mengkhawatirkan kondisinya. Indonesia termasuk sebagai salah satu negara yang memiliki masalah serius dengan sampah.

Pada artikel kali ini, kita akan melihat beberapa foto tumpukan sampah di Indonesia. Kebanyakan dari foto-foto tersebut adalah hasil karya Zak Noyle fotografer mancanegara yang mengunjungi Indonesia beberapa waktu lalu. Foto-foto tersebut kemudian dikirim ke beberapa media asing dan mengundang banyak reaksi. Sayangnya berita terkenal ini bukan berita yang bagus bagi Indonesia.

Penasaran bagaimana kengerian tumpukan sampah di laut Indonesia? Simak saja di bawah ini:

1. Berselancar di Lautan Sampah

tumpukan sampah

Fotografer Zak Noyle menangkap momen berselancar Dede Surinaya di tengah lautan dengan sampah di sekelilingnya. Tentunya sangat tidak nyaman untuk berada di tengah-tengah sampah. Sebuah pemandangan yang menyedihkan bagi Indonesia yang terkenal karena keindahan lautnya.

2. Sampah di Laut

tumpukan sampah

Foto yang tidak kalah hebatnya. Laut bukan lagi air yang mengandung kehidupan ikan atau kerang-kerang laut di dalamnya, melainkan sampah yang terapung. Segala jenis sampah dapat anda temukan di sini, mulai dari kantong plastik, botol minum kosong sampai bungkus mie instan.

3. Sampah di Daratan

tumpukan sampah

Daratan pun ternyata menjadi tempat favorit bagi tumpukan sampah, bukan hanya di lautan. Anda dapat menjumpai banyak tumpukan sampah ini di daratan atau mungkin ada di lingkungan anda sendiri? Tanah seharusnya adalah tempat untuk menanam tumbuhan yang dapat memberikan suplai oksigen, namun tempat-tempat ini justru diisi oleh sampah yang menggunung.

Dapatkah anda membayangkan bagaimana daerah ini setelah hujan mengguyur? Pasti bau busuk akan menyebar kemana-mana.

4. Di Kedalaman Laut

tumpukan sampah

Slogan Indonesia dengan keindahan lautnya kembali dipertanyakan jika melihat gambar di atas ini. Sampah plastik dan puntung rokok yang memenuhi lautan bisa menjadi hal yang mengerikan bagi para penyelam. Tidak saja sampah yang menggenang di atas air, namun juga di dalam laut. Sepertinya sudah tidak ada area bersih lagi yang tersisa. Menyedihkan! Seandainya saja banyak orang yang peduli akan kebersihan laut di Indonesia, selain kesehatan terjaga, tentu saja semakin banyak wisatawan yang mau berkunjung.

5. Kiriman Sampah dari Jakarta

tumpukan sampah

Foto ini diambil di daerah Untung Jawa, salah satu pulau di kawasan Kepulauan Seribu. Pulau ini diminati wisatawan karena pemandangannya yang indah dan biaya hidup yang murah di wilayah tersebut.

Tapi sayangnya sampah tetap menjadi masalah utama di sini. Pulau Untung Jawa sering mendapat kiriman sampah dari Jakarta terutama ketika Jakarta dilanda banjir. Hal ini tentu saja membuat sampah di pulau Untung Jawa semakin menumpuk karena sampah yang dihasilkan di wilayah ini pun sudah sangat tinggi. Untungnya kesadaran warganya akan kebersihan cukup tinggi dan membantu dalam pengelolaan sampah. Namun tetap saja untuk membuat Untung Jawa benar-benar bersih dari sampah bukan perkara yang mudah.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Comments

comments

 

Previous post:

Next post: