Top 10 Hewan Unik yang Mematikan di Dunia

February 23, 2014

Dewasa ini, berbagai jenis hewan dapat dianggap berbahaya. Beberapa hewan dalam daftar ini telah dikenal karena membunuh banyak orang. Beberapa dari mereka adalah hewan yang indah. Namun, penampilannya justru bisa membunuh. Semua hewan yang terdaftar di sini adalah mematikan, dan beberapa dari mereka hanya ditemukan dalam satu dekade terakhir. Anda akan terkejut dengan apa yang hewan-hewan ini dapat lakukan.

1. Boomslang

hewan unik mematikan

Boomslang adalah ular yang ditemukan di seluruh benua Afrika, namun terutama banyak ditemukan di daerah Afrika Selatan. Ini adalah salah satu ular paling mematikan di dunia untuk beberapa alasan.

Seperti yang dapat anda lihat dari gambar diatas, ular ini memiliki taring yang besar, dan jarang terjadi di antara spesies Boomslang. Matanya juga menarik perhatian. Bahkan, mereka memiliki penglihatan lebih baik dibanding kebanyakan ular. Beberapa mengatakan penglihatannya sebaik manusia normal.

Seperti kebanyakan orang tahu, ular biasanya tidak memiliki penglihatan yang baik. Boomslang memecahkan fakta tersebut. Mereka bahkan telah dikenal karena memangsa burung langsung dari udara karena pandangan mereka yang luar biasa.

Seorang manusia tidak memiliki kesempatan untuk melarikan diri gigitannya jika Boomslang memilih untuk menyerang manusia. Mereka biasanya tidak menyerang manusia, namun akan melakukannya jika merasa terancam. Banyak dari mereka berwarna hijau dan cokelat, sehingga mereka dapat berkamuflase secara baik dengan lingkungan berhutan di mana mereka berkembang.

Bisa boomslang mengandung racun Hemotoxin, dan ketika bisanya masuk ke dalam tubuh melalui gigitan, dapat membunuh dalam hitungan jam. Seseorang yang terkena gigitannya benar-benar akan berdarah ekstrim. Anda akan berdarah dari setiap lubang dalam tubuh. Anda bahkan akan berdarah melalui telinga, mata, dan penis/vagina.

Bagian paling mematikan dari semuanya adalah satu-satunya tempat di Afrika Selatan yang memiliki penangkal bisa-nya adalah Johannesburg. Jadi, jika anda keluar dari semak-semak ketika anda telah diserangnya, anda mungkin tidak akan mencapai rumah sakit dalam waktunya. Dan, semakin kecil tubuh anda, semakin cepat anda akan terbunuh.

Jika anda tidak mendapatkan perawatan dengan cepat, anda hanya bisa berharap, jadi jangan bermain-main dengan ini. Rata-rata waktu racun Boomslang untuk membunuh adalah hanya sekitar dua jam. Namun, semakin lama anda menunggu, semakin besar risiko kerusakan dalam jangka panjang.

2. Cone Snail (Siput Kerucut)

hewan unik mematikan

Siput kerucut adalah salah satu hewan yang tak seorang pun terpikir tentangnya, namun mereka adalah hewan yang mematikan. Biasanya, seseorang tidak menyadari ketika mereka memegang siput tersebut merupakan hal yang berbahaya karena hal pertama yang anda lihat adalah rumah mereka yang indah. Bagian dalamnya adalah hal berikutnya, tapi itu adalah yang mematikan.

Seorang pengumpul rumah siput akan mengangkat siput tersebut dan harpun siput akan menempel ke orang tersebut. Apa yang terjadi berikutnya tergantung pada siput kerucut. Masing-masing memiliki racun yang berbeda. Yang mematikan memiliki neurotoxin yang akan melumpuhkan Anda sementara. Tubuh anda kemudian akan mulai tak berdaya. Anda juga akan mengalami masalah pernapasan yang parah dan ini bisa menjadi bagian terburuknya.

Siput kerucut memiliki sesuatu yang disebut Conotoxin.

Tidak ada obat penangkal untuk racun siput kerucut yang berada di sistem tubuh anda. Kadang-kadang transfusi darah penuh diperlukan untuk menyingkirkan racun.

Cara untuk bertahan hidup setelah serangan awal, adalah memberitahu seseorang secepat mungkin dengan menelepon rumah sakit. Anda juga harus memastikan bahwa CPR dilakukan. Jika CPR diberikan, kemungkinan akan ada cukup waktu untuk menyelamatkan kehidupan seseorang. Jika tidak, ia berisiko meninggal.

3. Hippopotamus (Kuda Nil)

hewan unik mematikan

Kuda Nil sering digambarkan sebagai hewan yang lambat dan bodoh. Mereka juga dijuluki hewan yang menyenangkan dan damai, namun binatang dengan bobot 9.000 pon ini juga sangat teritorial (akan ganas ketika areanya terganggu). Mereka membunuh manusia rata-rata setiap tahun sama dengan jumlah korban manusia semua hewan Afrika jika digabungkan, atau lebih dari 2.000 orang setiap tahunnya. Ini adalah statistik yang sangat besar ketika anda berpikir tentang hal tersebut.

Hewan ini memiliki potensi untuk membunuh setiap saat, dan orang-orang harus diberikan peringatan besar. Pemandu wisata di daerah mengetahui tanda-tanda kuda nil yang sedang marah dan pemandu tersebut akan memberikan petunjuk. Namun, para turis sering mengabaikannya, dan mereka adalah orang-orang yang mati.

Kuda Nil adalah hewan teritorial yang hanya ingin dibiarkan sendiri dan diberi ruang. Jika tidak, anda akan membayar dengan hidup anda. Kuda nil tidak bisa berenang, yang merupakan salah satu fakta menarik tentang mereka. Tetapi ketika mereka mengejar anda, mereka pada dasarnya akan berjalan di bawah air, dan mereka dapat bergerak dengan kecepatan sekitar 5 mph. Ini bisa lebih cepat dari yang anda pikirkan. Mereka juga tidak gampang lelah, sehingga anda harus memiliki kardio yang baik untuk melarikan diri. Ketika mereka mendapatkan anda, anda akan mati. Tidak ada keraguan sedikit pun. Jarang terjadi ketika Kuda Nil berhenti lebih awal mengejar anda. Mereka memastikan bahwa anda sudah mati sehingga anda tidak datang kembali. Inilah sebabnya mengapa mereka secara alami mematikan.

Hal terbaik untuk dilakukan adalah menonton Kuda Nil dari jarak yang aman. Dengan demikian, Kuda Nil tidak akan melihat Anda sebagai masalah. Semakin dekat anda dengan Kuda Nil, semakin dekat Anda menuju kematian.

4. Poison Dart Frog (Katak Anak Panah Beracun)

hewan unik mematikan

Katak Anak Panah beracun dikenal karena warnanya yang indah. Katak Anak Panah termasuk beberapa makhluk yang paling indah dan cantik yang pernah anda lihat. Orang-orang akan senang untuk memegang mereka, tetapi seharusnya tidak tanpa peralatan keselamatan yang tepat.

Katak Anak Panah memiliki kulit beracun, yang bisa membawa resiko besar. Sekresinya juga beracun. Ini adalah cara mereka untuk menjaga diri dari mangsanya.

Katak ini mendapat namanya Anak Panah karena alasan literal. Banyak suku-suku telah menggunakannya untuk membuat racun anak panah selama ratusan tahun.

Adalah unik mengetahui fakta bahwa kulit dan sekresinya tak dapat disentuh. Namun, tidak semua Katak Anak Panah beracun akan membunuh manusia dengan racun mereka. Hanya tiga jenis yang mematikan.

Biasanya, Katak Anak Panah beracun tidak akan membunuh anda dari sentuhan sederhana dengan segera, tapi anda akan merasakan benar-benar sakit, karena secara teknis racun tidak akan masuk ke dalam darah ketika anda menyentuhnya, namun hanya ke dalam kulit.

Kulit anda bertindak sebagai filter antara racun dan darah. Jadi jelas kemungkinan besar tidak akan masuk ke dalam darah, tetapi tidak untuk tingkat ekstrim seperti dengan luka terbuka. Beberapa jenis Katak Anak Panah dengan racun ringan tidak akan membunuh anda bahkan jika itu disuntikkan langsung ke dalam aliran darah anda. Tapi sekali lagi, anda akan mendapatkan rasa sakit.

Katak Anak Panah Emas (The Golden Dart Frog ) dapat membunuh dengan racunnya melalui cara sentuhan apapun, dan hal ini menjadikannya sebagai Katak Anak Panah paling beracun di dunia. Jadi jangan repot-repot untuk mencarinya.

Kebun Binatang menjaga hewan-hewan kecil dalam kandang khusus. Jika ahli hewan sekalipun tidak berani menyentuh mereka, harusnya anda pun demikian. Warnanya yang indah dan cerah, menjadi peringatan terbaik untuk anda.

5. Yellow Bellied Sea Snake (Ular Laut Perut Kuning)

hewan unik mematikan

Ular Laut Perut Kuning adalah salah satu ular paling indah di dunia. Namun ular ini sangat mematikan. Apa yang membuat ular yang satu ini menonjol?

Pertama-tama, ular ini biasanya ditemukan di laut, yang berbeda dari ular pada umumnya. Mereka berburu setiap saat sepanjang hari, sehingga anda akan menemukannya banyak di luar. Mereka biasanya tidak pernah menyerang manusia kecuali jika anda kebetulan terlalu dekat dengannya. Sekarang, bagian paling keren dari ular ini adalah paket yang terkandung di dalamnya.

Racunnya jelas mematikan, namun cara racun tersebut membunuh anda sangat mengerikan. Bisanya mirip dengan ular Kobra, tetapi lebih terkonsentrasi dan lebih beracun. Disebutkan bahwa satu tetes racun mereka dapat membunuh tiga orang dewasa.

Toksin racun ini pada dasarnya menyerang sistem tubuh anda sama seperti racun semua ular berbisa lainya. Namun, yang berbeda mereka memiliki twist, yang menyerang sistem pernapasan, dan anda dapat mengalami kelumpuhan. Dampak terburuk dari semua, racun menyerang semua otot anda sehingga anda hampir tidak bisa bergerak, dan anda berada dalam rasa sakit yang amat sangat. Yang anda bisa lakukan saat itu adalah anda berharap ingin mati saja. Proses tersebut akan memakan waktu sekitar 30 menit sampai satu jam, tergantung pada ukuran tubuh anda. Namun, itu salah satu cara terburuk untuk mati yang dapat dibayangkan. Anda akan tetap mengalami rasa sakit meskipun ada antibisa di dalam sistem anda, tidak peduli seberapa cepat antibisa itu disuntikkan ke dalam tubuh anda.

CPR sangat penting untuk membuat anda bertahan sampai anda mendapatkan antibisa yang disuntikkan. Jika tidak, seseorang mungkin dapat kehilangan nyawanya bukan dari rasa sakit dan shock yang dialami, tapi dari masalah yang disebabkan dengan paru-paru. Manfaat CPR sangat penting dalam menjaga jantung dan paru-paru aktif cukup lama untuk menjaga seseorang tetap hidup sampai bantuan datang.

Beberapa orang yang pernah mengalami terselamatkan dari racun Ular Laut Perut Kuning mengatakan bahwa mereka mendapatkan nyeri otot yang parah. Seringkali, rasa sakit itu mengerikan dan berlangsung selama berbulan-bulan sesudahnya. Ouch!

6. Blue-Ringed Octopus (Gurita Cincin Biru)

hewan unik mematikan

Gurita Cincin Biru adalah hewan yang cantik. Rata-rata penyelam laut yang melihat makhluk-makhluk ini segera tertarik oleh keindahannya. Namun, anda akan berada dalam kesulitan jika anda tidak menjaga jarak aman.

Saya tidak bercanda ketika saya mengatakan bahwa racun yang mereka miliki mengandung tetrodotoxin, 5-hydroxytryptamine, hialuronidase, tyramine, histamin, tryptamine, octopamine, taurin, asetilkolin, dan dopamin.

Anda mungkin mengenali beberapa jenis obat, seperti Dopamin. Tapi di dalam hewan ini, dampak dari semua gabungan tersebut bisa kejam. Tidak ada antiracun untuk hewan ini, namun manusia dapat bertahan. Bagaimana bisa begitu?

Satu-satunya cara adalah dengan instan CPR. Anda akan mulai merasakan kelumpuhan dalam waktu 5 menit. Jadi, itu cukup waktu untuk anda berteriak minta tolong dan memberitahu seseorang untuk menelepon ambulan. Anda juga dapat memberitahu mereka untuk memberikan CPR. Rata-rata orang meninggal dari serangan jantung atau kekurangan oksigen ke otak, adalah mati lemas. Jika CPR dilakukan segera, anda memiliki kesempatan yang lebih baik.

Anda juga bisa mengalami kebutaan permanen atau kelumpuhan permanen jika bantuan tidak segera datang.

Sebagaimana aturannya, hewan yang paling indah di dunia adalah hewan dimana orang-orang tidak ingin bermain-main dengannya. Gurita Cincin Biru telah membuktikan pernyataan tersebut.

7. Hooded Pitohui (Pitohui Berkerudung)

hewan unik mematikan

Satu-satunya burung beracun dalam kerajaan hewan, yaitu keluarga burung Pitohui, dan mematikan. Burung Pitohui Berkerudung biasanya jarang mendapatkan publikasi karena kurang sering terlihat, namun serangan-serangannya telah dilaporkan lebih sering dibanding burung lain.

Para ilmuwan menyebutnya “The Flying Venom. (Racun Terbang)”

Jadi, bagaimana racun itu digunakan?

Anda telah membaca sebelumnya tentang racun Katak Anak Panah, dan ini benar-benar hal yang sama. Burung Pitohui Berkerudung memiliki efek yang sama persis, seperti kulit dan bulu adalah bagian yang beracun. Aspek yang paling mengerikan adalah racun yang ditemukan pada burung tersebut adalah racun paling berbahaya yang dikenal manusia. Ya, setelah mendengarnya, anda berpikir untuk segera menjauh dari burung ini bukan?

Sebuah studi telah dilakukan pada tikus dengan menyuntikkan beberapa racun Pitohui Berkerudung ke dalamnya. Biasanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk racun menyebar ke hewan percobaan, dan kemudian kematian itu akan terjadi dalam beberapa menit, rata-rata. Ketika mereka menguji racun Pitohui Berkerudung, tikus mati dalam hitungan detik, menunjukkan betapa mematikannya racun tersebut.

Normalnya, kita tidak akan terpengaruh oleh hewan ini. Serupa dengan Katak Anak Panah Beracun, racun akan mengenai aliran darah. Meskipun tidak, beberapa efek samping masih bisa terjadi, seperti mati rasa (biasanya di mana racun tersebut mengenai), kesemutan, atau bersin.

Kelumpuhan dan kematian dapat terjadi jika burung memberikan porsi yang cukup banyak dari racun tersebut, namun biasanya hal tersebut jarang. Walaupun demikian, menjadi ide yang baik jika anda tetap berhati-hati itu jika pergi ke Papua Nugini, daerah asli burung ini.

8. Death Stalker Scorpion (Kalajengking Pengejar Kematian)

hewan unik mematikan

Kalajengking Pengejar Kematian adalah nama yang cukup bagus bukan?

Jika anda seperti kebanyakan orang dan mendengar nama itu, anda akan mengalami perasaan takut juga seketika mungkin. Ya, makhluk ini bukan salah satu hewan untuk diajak bermain-main, dan mereka memiliki temperamen yang parah.

Banyak yang merasa bahwa kalajengking ini menjadi inspirasi untuk karakter Scorpion di Mortal Kombat. Banyak juga yang berpikir bahwa hewan kecil ini seperti mainan karena warna kuning yang indah. Oleh karena itu, sebagian anak tidak pernah benar-benar terpikir makhluk ini sebagai ancaman besar. Mereka dapat menyengat dan memiliki racun yang mematikan, sama halnya dengan banyak kalajengking lainnya. Berikut adalah efek dari sengatan tersebut.

Pertama, sengatan mereka telah dikenal sangat menyakitkan. Banyak yang mengatakan, sengatannya adalah yang terburuk dibanding setiap sengatan atau gigitan hewan apapun. Beberapa mengalami trauma sebagai dampaknya.

Racun juga dapat memutus saluran udara. Hal ini dapat membunuh anda jika antiracun tidak diberikan segera. Menurut para ahli, rasa sakit bisa terasa selama beberapa jam. Bahkan orang-orang telah melaporkan nyeri sendi dan sakit kepala parah selama beberapa bulan setelah sengatan.

Anda biasanya akan menemukan hewan ini di Israel, tetapi telah ditemukan di daerah lain, juga. Kalajengking ini adalah pecinta pasir, jadi ekstra hati-hatilah di sana.

9. Puffer Fish (Ikan Gembung)

hewan unik mematikan

Sedikit yang diketahui tentang mereka, tetapi hal yang lucu adalah Ikan Gembung lebih mematikan setelah mati ketimbang ketika ia hidup.

Ikan ini dianggap lezat di banyak bagian dunia. Namun, jika tidak disiapkan dengan benar dengan menghilangkan racunnya, maka kita dapat benar-benar mati. Biasanya, racunnya akan menyebabkan saluran udara menutup, yang jelas bisa menjadi masalah.

Racunnya adalah saxitoxin dan tetrodotoxin, yang keduanya dapat mematikan. Tetrodoxin saja dapat menyebabkan denyut jantung menjadi sangat cepat, kelumpuhan otot, penurunan tekanan darah, mati rasa, dan kesemutan. Seringkali, gejala keracunan dapat hilang dalam beberapa jam atau hari, tapi perawatan medis perlu diberikan segera.

Selama hidupnya, Ikan Gembung tidak sulit untuk dibunuh bagi manusia. Tapi untuk hewan lain, tampaknya menjadi legenda. Bahkan top predator seperti hiu meninggalkan jauh-jauh mereka. Adalah duri yang membuatnya sulit untuk dilawan dan dibunuh, serta tubuhnya yang mengembang/menggembung bisa membuat ikan ini menjadi sulit untuk dimakan. Pada akhirnya, sebagian besar hewan tidak ingin repot-repot memangsa ikan ini. Ditambah fakta bahwa sebagian besar dari hewan predator tersebut mengetahui juga racun yang dimiliki oleh Ikan Gembung. Kita tidak menjadi satu-satunya spesies cerdas di dunia ini, bukan?

Berurusan dengan Ikan Gembung bukan ide yang baik. Jadi mengapa ada sebagian orang mau beresiko memakan ikan ini? Tapi ah, itu hanya pendapat satu orang saja kan?

10. Lanomia or “Assassin Caterpillar” (Ulat Pembunuh)

hewan unik mematikan

Orang mungkin bertanya-tanya mengapa saya menempatkan hewan ini di bagian yang terakhir. Baca terus tentang Ulat Pembunuh ini.

Hampir mustahil untuk melihat makhluk ini karena mereka dapat berkamuflase sangat baik dengan habitat alamnya. Oleh karena itu, manusia hanya bisa mencarinya secara acak.

Orang-orang telah mengenal makhluk ini sejak lama, namun hanya baru-baru ini mereka mengetahui bahwa ulat ini benar-benar sangat beracun. Sejauh ini, diketahui dalam 20 tahun terakhir telah menyebabkan ratusan kematian pada manusia.

Hanya dalam beberapa tahun terakhir, telah ada sekitar 300 gejala keracunan diketahui, banyak mengakibatkan kematian atau rawat inap jangka panjang. Ketika para ilmuwan Brasil mengetahui tentang makhluk itu, mereka dengan cepat mempersiapkan antiracun tersebut.

Racunnya dapat menyebabkan “disseminated intravascular coagulation,” istilah kedokteran untuk mengatakan bahwa hal itu membuat anda berdarah dan mencegah pembekuan. Ulat akan memberikan sesuatu yang disebut “darah memar.” Ini seperti dipukul di wajah atau lengan dan mendapatkan memar. Tubuh Anda akan membengkak karena darah yang membeku, antara lain. Anda merasa sakit di sana untuk sementara, anda merasa perih, dll. Namun, bayangkan ini terjadi dalam makeup biologis di dalam tubuh, khususnya di sistem darah anda. Darah yang memar tidak dapat berfungsi dengan baik, menyebabkan masalah berat.

Racun juga akan menyerang sel-sel manusia. Lebih khusus lagi, menyerang sel protein, menyebabkan mereka bocor dan mencegah mereka dari pembekuan. Racun ini membunuh trombosit.

Karena semua ini, anda mulai berdarah secara internal (di dalam tubuh), yang menyebar ke seluruh organ-organ anda. Pada akhirnya akan menyebabkan tekanan dan pendarahan di otak. Anda kemudian akan berdarah secara eksternal juga, sebagai pelengkap.

Semua ini segera terjadi ketika racun memasuki tubuh anda. Biasanya, untuk melakukan kerusakan yang cukup parah sampai tingkat membunuh, ulat ini harus menyengat anda 20 sampai 100 kali. Lucunya adalah kebanyakan orang tidak sadar bahwa mereka telah disengat, dan ini yang berbahaya. Orang-orang tidak sadar telah menginjaknya atau meletakkan tangannya di pohon di mana ulat tersebut berkeliaran.

Para ilmuwan bingung apa yang berubah dengan hewan ini, karena tidak ada serangan terkenal terjadi selama ribuan tahun. Namun, sejumlah besar serangan baru-baru ini terjadi hanya dalam wilayah Brasil. Sesuatu telah menyebabkan ulat ini menyadari kekuatannya, dan dengan cepat menjadi salah satu hewan paling mematikan di dunia.

Beberapa penelitian terus dilakukan pada ekosistem di Brasil di mana makhluk-makhluk berbisa berada. Namun sejauh ini, tidak ada hal besar yang berhasil diungkap, atau setidaknya yang kita belum tahu.

Comments

comments

 

 

Previous post:

Next post: