Top 10 Perusahaan Terbesar di Dunia

June 10, 2013

Apa kesamaan dari perusahaan energi dan lembaga keuangan? Mereka berdua termasuk industri-industri yang vital dan strategis, mereka meraup banyak uang, mereka memiliki aset terbesar di dunia, dan mereka adalah salah satu perusahaan terbesar di dunia.

Sebenarnya apa yang membuat besar sebuah perusahaan? Perusahaan biasanya dicatat berdasarkan angka penjualan mereka. Peringkat lainnya berdasarkan kapitalisasi pasar sebagai dasarnya. Majalah Forbes, telah merilis daftar berdasarkan bobot gabungan dari pendapatan penjualan, laba, aset perusahaan dan kapitalisasi pasar. Rata-rata perusahaan teratas adalah perusahaan energi dan sektor keuangan.

Berikut adalah Top 10 Perusahaan Terbesar di Dunia:

1. Exxon Mobil Corporation – Amerika Serikat

perusahaan terbesar

Exxon Mobil adalah perusahaan energi yang terlibat dalam eksplorasi dan produksi minyak mentah dan gas alam; pembuatan produk-produk yang berasal dari minyak bumi, serta pengangkutan dan penjualan produk-produk tersebut. Produknya dipasarkan di seluruh dunia. Mereka juga juga memiliki kepentingan dalam fasilitas pembangkit tenaga listrik. Perusahaan ini lahir dari merger terbesar dalam sejarah korporasi AS, saat Exxon dan Mobil bergabung pada tahun 1999.

2. JPMorgan Chase & Co. – Amerika Serikat

perusahaan terbesar

JPMorgan Chase adalah sebuah perusahaan induk keuangan yang berhubungan dengan investasi perbankan, jasa keuangan ritel, layanan kartu kredit, perbankan komersial, manajemen aset dan serta jasa sekuritas dan keuangan. Anak-anak perusahaan yang utama adalah (1) JP Morgan Chase Bank, National Association, sebuah bank nasional dengan cabang di 23 negara bagian, dan (2) Chase Bank USA, National Association, sebuah bank yang menerbitkan kartu kredit. Perusahaan ini dibentuk setelah merger antara JP Morgan & Co dan Chase Manhattan Corporation pada tahun 2000.

3. General Electric Company – Amerika Serikat

perusahaan terbesar

General Electric adalah perusahaan diversifikasi yang berhubungan dengan jasa keuangan dan teknologi. Penawaran meliputi mesin pesawat, pengolahan air, pembangkit listrik, peralatan rumah tangga, pencitraan medis, produk industri, dan pembiayaan bisnis dan ritel. Mereka juga memiliki saham yang signifikan di sektor media, memiliki 49 persen NBC Universal.

4. Royal Dutch Shell plc – Belanda

perusahaan terbesar

Royal Dutch Shell adalah perusahaan minyak dan gas yang berbasis di Belanda. Mereka memiliki kepentingan dalam berbagai bisnis yang terkait dengan sektor energi dan juga memiliki saham di industri kimia. Perusahaan ini aktif terlibat dalam eksplorasi dan distribusi energi, serta pembuatan dan pemasaran produk-produk minyak dan bahan kimia.

5. Industrial and Commercial Bank of China Limited – China

perusahaan terbesar di dunia

ICBC adalah sebuah lembaga keuangan dan merupakan perusahaan terbesar di Asia. Bank ini menyediakan berbagai layanan, diantaranya adalah deposito pribadi, pinjaman pribadi, kartu bank, kartu kredit, dana investasi, jasa keuangan pribadi, layanan perbankan korporasi, termasuk deposito perusahaan, pinjaman, pemukiman internasional, pembiayaan internasional, manajemen perusahaan anuitas, pemeliharaan aset, investasi perbankan dan jasa pembiayaan perdagangan, antara lain: layanan perbankan elektronik, termasuk online banking, telephone banking, layanan perbankan ponsel dan konsultasi keuangan.

6. HSBC Holdings plc – Inggris

perusahaan terbesar

HSBC adalah perbankan dan lembaga jasa keuangan dengan kehadiran di 87 negara dan teritori di enam wilayah geografis. Mereka melayani lebih dari 95 juta nasabah di lebih dari 7.500 kantor di seluruh dunia. Produknya antara lain (1) jasa keuangan pribadi, (2) perbankan komersial, (3) perbankan global dan pasar, dan (4) perbankan swasta global. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1991 oleh Hong Kong and Shanghai Banking Corporation yang bertindak sebagai perusahaan induk yang baru.

7. PetroChina Company Limited – China

perusahaan terbesar

PetroChina merupakan perusahaan minyak dan gas yang berbasis di Cina. Mereka terlibat dalam eksplorasi, pengembangan, produksi, penyulingan dan penjualan minyak mentah dan gas alam. Mereka juga memproduksi dan memasarkan produk-produk petrokimia dasar, produk minyak sulingan, produk kimia turunan dan gas alam. Perusahaan ini juga melakukan pengiriman minyak mentah dan produk minyak sulingan.

8. Berkshire Hathaway Inc. – Amerika Serikat

perusahaan terbesar

Berkshire Hathaway adalah sebuah perusahaan induk dengan anak-anak perusahaan di berbagai sektor. Bisnis asuransinya meliputi asuransi utama dan asuransi ulang (reinsurance). Berkshire Hathaway terus tumbuh selama bertahun-tahun melalui merger dan akuisisi. Beberapa transaksi terbaru adalah pembelian Burlington Northern Santa Fe, LLC pada tahun 2010, akuisisi bisnis reasuransi dari Sun Life Assurance Company of Canada juga di tahun 2010, merger dengan Wesco Financial Corporation pada tahun 2011, dan pembelian Perusahaan Asuransi Princeton dari Perusahaan Asuransi Medical Liability Mutual tahun 2012.

9. Wells Fargo & Company – Amerika Serikat

perusahaan terbesar

Wells Fargo merupakan perusahaan jasa keuangan yang terlibat dalam perbankan, asuransi, investasi, perbankan hipotek, perbankan investasi, perbankan ritel, broker, dan pembiayaan konsumen melalui berbagai cabang, internet dan saluran distribusi lainnya. Semua ini tersedia untuk klien, konsumen, bisnis dan institusi di 50 negara bagian, District of Columbia, dan di negara-negara lain di seluruh dunia. Bisnis Wells Fargo dibagi menjadi tiga unit utama, yaitu (1) perbankan masyarakat, (2) perbankan grosir, dan (3) kekayaan, broker dan pensiun. Jasa keuangan lain juga tersedia meskipun lewat anak perusahaan yang berbeda. Layanan tersebut meliputi perbankan grosir, perbankan hipotek, pembiayaan konsumen, agen asuransi dan jasa perantara, komputer dan jasa pengolahan data, jasa wali amanat, jasa penasihat investasi, pelayanan surat berharga berbasis hipotik dan investasi modal ventura.

10. Petroleo Brasileiro SA Petrobras – Brazil

perusahaan terbesar di dunia

Petrobras adalah perusahaan migas terintegrasi dan merupakan perusahaan terbesar di Amerika Latin yang berbasis di Brasil. Mereka terlibat dalam penelitian, ekstraksi, pemurnian, pengolahan, perdagangan dan pengangkutan minyak dari sumur, serpih dan batu lainnya, turunannya, gas alam dan hidrokarbon cair lainnya, serta dalam kegiatan yang berkaitan dengan energi, pengembangan, produksi, transportasi , distribusi dan komersialisasi energi. Perusahaan ini hadir juga di 24 negara lain di seluruh dunia. Mereka memiliki proyek di lima dari tujuh benua dunia, dan telah diberikan total 132 kontrak konsesi untuk eksplorasi minyak di blok 194. Bisnis Petrobras telah dibagi menjadi enam divisi, yaitu (1) eksplorasi dan produksi, (2) provisi, (3) gas dan energi, (4) biofuel, (5) distribusi, dan (6) internasional.

Comments

comments

 

 

Previous post:

Next post: